Bupati Mulkan Minta Optimalkan lahan Persawahan Demi Peningkatan Produksi

Bangka, Detakbabelnews.com Bertempat di persawahan eks lahan tambang di Kelurahan Sinar Jaya, Jelutung Kecamatan Sungailiat kegiatan peningkatan pemberdayaan petani dilaksanakan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Selasa (22/12)

Bupati Bangka Mulkan SH MH meminta agar seluruh petani untuk mengoptimalkan lahan persawahan yang telah dicetak.

Bacaan Lainnya

“Saat ini percetakan lahan sawah di Kabupaten Bangka sebanyak 2.948,41hektar, tetapi yang baru dimanfaatkan baru sebatas 1991,1 hektar,” Ini menandakan pemanfaatan belum maksimal sehingga kami meminta kepada seluruh petani melalui Dinas Pertanian untuk memaksimalkan sumber pertanian ini ujar Bupati Bangka, Mulkan.

Dengan memaksimalkan lahan percetakan sawah tentunya akan meningkatkan produksi padi di Kabupaten Bangka. Sehingga kedepannya Kabupaten Bangka dapat memenuhi kebutuhan beras secara mandiri tanpa adanya ketergantungan beras dari daerah luar.Terang Mulkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Elius Gani menyampaikan saat ini produksi beras di Kabupaten Bangka hingga Bulan November sebanyak 6.903 ton. Jumlah tersebut hanya mampu memenuhi kebutuhan bagi 19% dari total kebutuhan beras masyarakat Kabupaten Bangka.

“Produksi beras hingga bulan November 2020 hanya mampu memenuhi 19% dari kebutuhan beras kita. Tetapi angka ini meningkat dari tahun sebelumnya dan menambah motivasi kami untuk terus meningkatkan produksi beras di Kabupaten Bangka,” ungkap Elius.

Guna menyikapi hal tersebut, berbagai inovasi serta pemberdayaan petani dilaksanakan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka. Diantaranya yaitu melakukain inovasi ‘Abang Timah untuk Bu Disa’ yang bertujuan memanfaatkan lahan bekas tambang timah guna budidaya padi.

Inovasi tersebut telah berhasil dibuktikan di lahan persawahan Kelurahan Sinar Jaya Jelutung bahkan mendapatkan penghargaan dalam ajang Sinovik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Sehingga kedepannya lebih memotivasi untuk meningkatkan produksi beras.

Disamping memberikan motivasi bagi kelompok tani masyarakat, Bupati Bangka juga menyerahkan secara simbolis sapi kepada kelompok ternak masyarakat. Sebanyak 150 ekor sapi diserahkan kepada kelompok ternak sapi yang ada di Kabupaten Bangka.

“Melalui dana DID tambahan tahun 2020 ini kita memberikan bantuan sapi sebanyak 150 ekor. sapi tersebut akan dibagikan kepada 31 kelompok ternak masyarakat yang ada di 27 desa kelurahan Kabupaten Bangka,” tutur Elius.

Turut hadir juga Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Bangka,Mendra Kurniawan Amd, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka serta Kepada Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka sebagai tamu undangan. Turut hadir juga perwakilan dari BPTP Provinsi Bangka Belitung sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.(HR)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *