Gubernur Erzaldi Rosman Pastikan Pelabuhan Tanjung Kalian Sudah Sesuai SOP Covid-19

Bangka Barat, Detakbabelnews – Pemprov. Kep. Bangka Belitung (Babel) melaksanakan program kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kep. Babel dengan melaksanakan patroli dari pelabuhan ke pelabuhan yang ada di Kep. Babel.

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, kehadirannya ke pelabuhan ini berkenaan persiapan Pemprov. Kep. Babel dalam mengantisipasi penyebab Virus Corona, terutama di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, dengan maksud supaya di pelabuhan ini dilakukan pencegahan sesuai SOP yang sudah ditentukan oleh WHO.

Bacaan Lainnya

“Kami hari ini telah meninjau beberapa pelabuhan, termasuk bandara. Kami merasa puas terhadap apa yang telah dilakukan oleh kawan-kawan terutama dari pihak KKP dan timnya. Satgas Corona telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan siap, dan yang terpenting kita harus menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa Corona ini harus kita lawan bersama–sama dan masyarakat harus disiplin terhadap kebijakan oleh pemerintah, misalnya kami mengadakan pembelajaran di rumah kepada para siswa, kami minta tolong kepada orang tua untuk mengawasi anaknya belajar di rumah. Tujuannya untuk mengurangi para anak-anak kontak langsung antar manusia,” ungkapnya.

Sementara itu, General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Rudi Hanafiyah mengatakan, pihaknya di dalam pencegahan Covid-19 telah melakukan koordinasi dengan pihak KKP untuk melakukan pengecekan setiap penumpang baik masuk dan keluar pelabuhan ini sesuai dengan SOP.

“Kami juga telah menerapkan pelayanan satu pintu untuk mempermudah melakukan thermal scanning baik penguna jasa pejalan kaki, serta menyiapkan hand sanitizer bagi penumpang, serta menyiapkan tempat mencuci tangan dengan air yang mengalir, serta melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar pelabuhan dan kapal,“ ungkapnya.

Sejauh ini, belum ditemukan para penumpang yang terindikasi Virus Corona. Bila ada yang mencurigakan, maka langsung dilakukan isolasi terhadap orang yang sakit tersebut, dan pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak KKP. Apabila mengarah ke suspek Corona, kami rujuk ke RSUD.

Sejauh ini menurutnya, suasana di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok tetap aman dan semua kegiatan tetap berjalan sebagaimana biasanya. Transportasi laut normal, walaupun untuk jumlah penumpang mengalami penurunan, namun untuk kapal membawa sembako lancar.

Untuk memastikan kesiapan di pelabuhan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Gubernur Erzaldi Rosman bersama Kapolda Kep. Babel, bupati dan rombongan meninjau langsung kapal penumpang, dan hasilnya Gubernur Erzaldi Rosman puas, karena telah menerapkan pencegahan sesuai SOP yang ditetapkan oleh pemerintah.

Gubernur Erzaldi Rosman mengajak masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar bersama–sama memerangi Virus Corona, hingga virus ini tidak terjadi di Kep. Babel.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman didampingi oleh Brigjen Pol Anang, Syarif Hidayat dan diikuti rombongan lainnya.

Patroli hari kedua ini Kamis (19/03/20) dimulai dengan meninjau pelabuhan di Pangkal Balam, Pangkalpinang dilanjutkan ke pelabuhan kapal di Belinyu, Kab. Bangka, dan dilanjutkan ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kab Bangka Barat.

Kedatangan Gubernur Erzaldi Rosman dan rombongan disambut oleh Bupati Bangka Barat, Markus bersama forkopimda setempat. Gubernur Erzaldi Rosman memeriksa kondisi pelabuhan sekaligus memberikan arahan kepada pihak pelabuhan dalam mencegah Virus Corona supaya tidak dapat masuk melalui Pelabuhan Tanjung Kalian dengan menerapkan sesuai SOP pencegahan. ( Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *