Adanya Pembakaran Liar, Jarak Pandang Kawasan Lintas Timur Diselubungi Asap

Bangka, DETAKBABEL – Lahan seluas kurang lebih 17 hektar di Kawasan Lintas Timur, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terbakar yang diakibatkan dugaan adanya aktifitas membakar untuk  pembukaan lahan dengan cara dibakar. Selasa (10/9/2019).

” Terlihat adanya bekas tanah dibongkar, mungkin untuk memudahkan pembersihan lahan dengan cara membakar namun tidak dikendalikan,” kata Mikron Antariksa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Permasalahan terjadinya kebakaran lokasi di Kawasan Lintas Timur tersebut adalah asap, sehinggga akan menimbulkan efek bencana. Asap ini bisa mengakibatkan ISPA yaitu terganggunya saluran pernapasan jadi harus segera diselesaikan dengan cepat, karenanya, dirinya menghimbau masyarakat agar dapat menggunakan masker sebagai alat pelindung.

Terkait dengan fasilitas, Sebenarnya kami merasa kesulitan dan kekurangan armada, kendaraan kami bukan kendaraan taktis untuk pemadaman, tapi sebagai suplai air. Walaupun begitu dipakai karena posisinya kita kekurangan kendaraan jadi dipakai untuk nyemprot juga walaupun tidak maksimal.

” Keberadaan kendaraan pemadaman saat ini dapat tidak efektif karena kurangnya fasilitas yang dimiliki BPBD Provinsi Bangka Belitung,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.