Menjaga Eksistensi Kearifan Lokal Dengan Karnaval Budaya


Bangka, Detakbabelnews.com  — Guna menjaga eksistensi kearifan lokal Daerah dibutuhkan pengenalan kepada para generasi sehingga eksistensinya tetap familiar di masyarakat. Pengenalan tersebut salah satunya dengan penyelenggaraan karnaval budaya HUT ke 253 Kota Sungailiat.
Hal tersebut seperti dikatakan oleh Bupati Bangka Mulkan, S.H., M.H., saat diwawancarai pada hari Senin 29 April di panggung kehormatan.
“Tujuan mendasar kita selain memperingati HUT ke 253 Kota Sungailiat kita ingin mengangkat kembali potensi budaya lokal kita yang semakin hari semakin ditinggalkan generasi agar budaya yang telah ada selama ini dapat diangkat kembali,” ungkap Bupati.
Untuk itu Bupati Bangka mengimbau kepada masyarakat agar melestarikan ragam budaya yang telah ada sejak turun temurun sehingga keberadaannya tidak hilang dimakan oleh waktu. Bupati menambahkan bahwa Kabupaten Bangka memiliki aneka ragam kebudayaan yang telah ada sejak zaman nenek moyang.
“Harapannya tentu semua masyarakat kita harus melestarikan kebudayaan karena kita memiliki ragam budaya yang sangat banyak yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain,”imbau Bupati.
Sementara itu Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, S.I.P., menuturkan bahwa kebudayaan tidak serta merta muncul begitu saja tetapi dibutuhkan pencetus sehingga sebagai generasi penerus semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab untuk menjaga eksistensinya.
“Kita sebagai generasi penerus wajib mempromosikan serta melestarikan budaya kepada generasi yang akan datang dan ini merupakan bentuk rasa syukur kita kepada para pendahulu kita,”imbau Wabup
Pada kesempatan yang sama pula PJ PJ Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Ir Achmad Haji Ahmad Muhsin SH menginformasikan bahwa Pemkab Bangka akan menggelar perayaan ke kota yang yang lebih meriah untuk tahun mendatang
Pada kesempatan yang sama pula Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangka, H. Akhmad Mukhsin, SH, menginformasikan bahwa kedepan Pemkab Bangka akan menyelenggarakan perayaan HUT Kota yang lebih meriah serta lebih semarak dengan menambahkan berbagai kategori lomba.
“Jangan jangan bilang ke depan akan kita tambah lagi kategori yang akan mengikuti karnaval budaya ini pada perayaan HUT Kota Sungailiat ke 254 yang akan datang,”pungkas Sekda.
Event karnaval budaya dalam menyemarakkan HUT ke 253 Kota Sungailiat tersebut diikuti dari tingkat TK sebanyak 2 tim, tingkat Sekolah Dasar 23 tim, tingkat SLTP 8 tim, SLTA sederajat 5 tim, kategori umum atau instansi 42 tim yang ditambah tamu yakni lembaga adat 1 tim dan Dharma Wanita 1 tim. (Rilis)
Sumber : Pemkab Bangka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *