Diskominfo Bangka Belitung Sosialisasikan Literasi Media dan Digital Dihadapan Civitas SMAN 1 Koba

Detakbabelnews.com, Bangka Tengah – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka Belitung ( Diskominfo Babel ) mensosialisasikan kegiatan yang bertajuk Sosialisasi Literasi Media, dan Digital dihadapan civitas dunia pendidikan, Bertempat di Gedung Serba Guna SMA Negeri 1 Koba Bangka Tengah Senin (10/09/18).

Sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan siswa, guru, serta perwakilan orang tua murid ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami, menganalisis dan mendekonstruksi sebuah informasi terlebih lagi dengan kemajuan teknologi media komunikasi yang terus berinovasi yang dapat membentuk gaya hidup dan pola pikir seseorang.

Sebagai Pemateri pertama, Heru Subagio Kepala seksi Pengelolaan Media Publik mengatakan Literasi Media dan Digital merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki agar masyarakat dapat mengenal bagaimana sebuah informasi di kontruksikan dan terakses.

“Rendahnya literasi media sosial dalam masyarakat digital menjadi salah satu pendorong maraknya dampak negatif penggunaan internet seperti informasi hoaks, pelanggaran privasi, cyberbullying, konten kekerasan dan pornografi, serta adiksi media digital” ungkapnya.

Sementara itu, literasi media terlebih lagi media sosial tidak sekadar belajar melek media tetapi justru seharusnya bagaimana belajar menggunakan media sosial yang ada saat ini untuk proses penyebaran informasi baik secara bijak

“Belajar dan menyebarkan informasi baik menggunakan media sosial menjadi lebih penting dan mendesak mengingat penggunaan media sosial yang telah menyatu dengan kehidupan masyarakat digital,” paparnya lebih lanjutnya.

Sejak terbukanya kebebasan informasi dan teknologi media, pertumbuhan media massa dan media baru mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Media komunikasi yang telah bermetamorfosis menjadi media digital itu perkembangannya semakin beragam, lebih gampangnya direpresentasikan oleh pertumbuhan smartphone dan sejenisnya.

Dalam konteks ini dapat dianalogikan bahwa teknologi media telah mengambil bagian dari peran-peran tertentu di masyarakat.

Pada kegiatan Sosialisasi Literasi Media dan Digital kali ini juga dihadiri Pemateri Fitra Mayarini S. ST selaku Kepala Seksi pengelolaan dan penyebaran Informasi Diskominfo Babel. ( Red )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *