Pemkot Pangkalpinang Gencarkan Vaksinasi HPV Anak untuk Cegah Kanker Serviks

Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui dinas kesehatan kembali menggencarkan pemberian vaksinasi infeksi human papillomavirus (HPV) bagi anak perempuan kelas 5 SD.

Gerakan vaksinasi bersama mitra tingkat Kota Pangkalpinang tahun 2023 ini digelar di halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Jumat (22/9). Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Mie Go.

Mie Go  menyebut bahwa upaya yang dilakukan pemerintah kota ini ditujukan untuk meminimalisir potensi kanker serviks pada anak. Hal ini sesuai Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/Menkes/6779/2021.

Menurut dia, penyakit kanker serviks yang 95 persen disebabkan infeksi HPV ini telah menjadi beban, karena menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi. Sebab itu vaksinasi infeksi human papillomavirus ini tidak bisa diabaikan.

Berdasarkan data terakhir, sasaran yang diimunisasi di sekolah se-Kota Pangkalpinang saat ini baru mencapai 61,4 persen. Sementara total anak yang harus diimunisasi yakni sejumlah 2104 anak.

“Kami mohon dukungan bapak ibu kepala sekolah yang hadir hari ini untuk menindaklanjuti hal tersebut melalui gerakan ini dapat mempercepat cakupan 90% sasaran bulan imunisasi anak sekolah,” ungkapnya.

Di akhir sambutan, Mie Go juga mengajak agar seluruh stakehokder dapat saling berjibaku menguatkan komitmen dalam pencegahan kanker serviks untuk mewujudkan masyarakat kota yang sehat, maju, sejahtera lahir dan batin

“Pencegahan penyakit kanker harus dilakukan secara terpadu serta butuh komitmen kuat dari semua stakeholder. Tidak hanya menjadi tugas instansi leader tapi butuh keterlibatan semua pihak yang ada di negeri ini. Karena perlu komitmen dan kemauan yang kuat untuk menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman kanker,” jelasnya. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *