Bupati Bangka Mulkan Terima Sertifikasi Bebas Frambusia dan Eliminasi Filariasis dari Kementerian Kesehatan

Bupati Bangka Mulkan Terima Sertifikasi Bebas Frambusia dan Eliminasi Filariasis dari Kementerian Kesehatan

Jakarta,DetakBabelnews.com
Bupati Bangka Mulkan,S.H,M.H. menerima Sertifikat Bebas Frambusia dan Sertifikat Eliminasi Filarisasi dari Kementerian Kesehatan yang dilaksanakan di
Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah Jakarta (TMII) Jakarta, Selasa (21/2/2023)

Dalam acara tersebut turut hadir, Menteri Kesehatan RI, Bupati/Walikota se-indonesia,Dirjen dari Kemenkes dan Praktisi kesehatan

Kegiatan ini merupakan komitmen bersama untuk bebas dari frambusia dan eliminasi filariasis untuk seluruh kabupaten/kota sehingga bebas dari eliminasi filiriasis dan frambusia termasuk di Kabupaten Bangka.

Frambusia merupakan upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghilangkan penyakit frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat.

Target dan Kesepakatan global , regional dan nasional. Indonesia harus bebas frambusia di tahun 2024 dan Indonesia merupakan satu-satunya negara di regional Asia Tenggara yang masih dilaporkam kasus frambusia.

Selain itu juga, diserahkan sertifikat bebas eliminasi faliriasis yakni upaya pemerintah dalam menghilangkan penyakit filariasis sebagai masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Target dan kesepakatan global dan nasional adalah eliminasi filariasis di tahun 2030.

Menteri Kesehatan RI telah menetapkan kabupaten/kota eliminasi filariasis berdasarkan kreteria dan rekomendasi yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 94 tahun 2014 tentang penanggulangan filiriasis.

Sebanyak 103 kabupaten/walikota menerima sertifikat bebas frambusia dan eliminasi filiriasis untuk meningkatkan kepedulian untuk mewujudkan Indonesia bebas penyakit teopis terbaikan yang diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin dan
masing-masing Bupati/Walikota dengan menggunakan pakaian adat masing-masing. Untuk Bupati Bangka menggunakan pakaian adat telok belango lengkap dengan stanjak dan kainnya.

Dalam kegiatan Bupati Bangka Mulkan SH.MH tersebut didampingi para kepala OPD, para Direktur RSUD, ,Ketua TP.PKK kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, Direktur RSUD, Camat se-kabupaten Bangka dan juga
ketua TP. PKK kecamatan, Perwakilan Provinsi Kep. Bangka Belitung serta undangan lainnya.(ry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *