Louncing Kelekak Nusantara, Bangka Belitung Layak Menjadi Contoh Daerah Lain Dalam Kepedulian Lingkungan


Bangka Tengah,  Detakbabelnews.com
— Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana RI, Doni Monardo menilai apa yang telah dilakukan orang-orang pemerhati dan peduli dengan lingkungan seperti yang bisa dilihat di Provinsi Bangka Belitung, layak untuk dicontoh.

“Daerah lain harus bisa mencontoh kemauan dari apa yang sudah dilakukan masyarakat peduli lingkungan Bangka untuk masa depan cucu kita semua,” tutup Doni.

Hal ini disampaikan Doni Monardo ketika berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam prosesi penanaman pohon saat louncing ‘ Kelekak Nusantara, rangkaian Peringatan Bencana Pengurangan Risiko Bencana Nasional 2019, Bukit Mangkol, Desa Terak, Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah. Sabtu ( 12/10/19 ).

Berbicara soal tanaman, pengalaman dan pengetahuan Doni Monardo mungkin sudah melebihi ahli dan peneliti tanaman. Bak sang jenderal yang merangkap sebagai profesor tanaman. Hal itu terbukti saat Doni mampu mengoreksi nama, jenis hingga asal muasal bibit tanaman yang diserahkan oleh panitia untuk ditanamnya pada kegiatan penanaman pohon di Kawasan Kalekak Nusantara itu.

“Ini yang benar bibit Kayu Hitam, dari Sulawesi. Bukan Pohon Kayu Ulin ya,” kata Doni meluruskan yang disambut tawa rombongan.

Adapun, Prosesi ritual penanaman itu juga dilakukan bersama-sama dengan Bupati Bangka Tengah, Walikota Pangkalpinang beserta jajaran rombongan yang lain sehingga dalam sehari Doni Monardo telah menanam tiga jenis tanaman yang berbeda. ( red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *