Asap Tebal Kebakaran Selimuti Kawasan Lintas Timur Air Anyir

Diselimuti asap tebal kebakaran di kawasan lintas timur menjadikan jarak pandang terbatas, sekitar tiga hinnga lima meter


Bangka,DETAKBABEL – Akibat terjadinya kebakaran hutan di Kawasan LIntas Timur, Air Anyir, menyebakkan terjadinya asap atau kabut tebal menyelimuti wilayah tersebut. sehingga jarak pandang menjadi terganggu, hanya berkisar tiga hingga lima meter saja.Hal ini diutarakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa. Pangkalpinang, Rabu ( 11/09/19 ).

“Asap tebal kebakaran hutan ini sudah mengganggu lalu lintas di Jalan Lintas Timur,” kata Mikron, Pangkalpinang,

Ia mengatakan selain mengganggu arus lalu lintas, asap tebal dampak kebakaran ini juga berdampak penurunan kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Bangka khususnya wisata pantai di sepanjang Jalan Lintas Timur.

“Kami mengimbau masyarakat yang melintas di Jalan Lintas Timur untuk berhati-hati dan mengurangi kecepatan kendaraannya, untuk mencegah kecelakaan karena jarak pandang yang terbatas tersebut,” ujarnya.

Menurut dia saat ini pengunjung objek wisata pantai di sepanjang Jalan Lintas Timur mengalami penurunan, karena wisatawan tidak bisa menikmati keindahan pantai di daerah itu.

Selain itu, wisatawan enggan berkunjung ke sejumlah objek wisata tersebut karena asap tersebut bisa menimbulkan berbagai penyakit pernafasan, seperti ispa, sesak nafas dan lainnya.

“Asapa ini tidak hanya mengganggu aktivitas, ekonomi masyarakat, tetapi juga mengurangi kunjungan wisatawan,” katanya.

Oleh karena itu, diimbau masyarakat tidak membakar lahan, membuang puntung rokok sembarang selama musim kemarau ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Kebakaran hutan seluas 17 hektare di kawasan Lintas Timur ini diduga disebabkan oleh oknum masyarakat yang membakar lahan perkebunannya, pada akhirnya api menyebar ke kawasan hutan yang sudah mengering akibat cuaca panas yang cukup ekstrim,” katanya. ( Red ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *