Inovasi Dorong Peningkatan Pelayanan Publik

Pangkalpinang, Detakbabelnews – Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rusdi mengatakan, dengan adanya inovasi dapat mendorong Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan publik, pendapatan asli daerah, capaian kinerja hingga efisiensi.

Hal tersebut diungkapkan Rusdi pada saat membuka Sosialisasi Innovative Government Award (IGA), di ruang rapat Pulau Ketawai, Kantor Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (10/03).

Bacaan Lainnya

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diinisiasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang bertujuan untuk mengapresiasi inovasi pembangunan yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi maupun Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Rusdi mengatakan, inovasi daerah merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah.

“Inovasi daerah merupakan semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dengan prinsip, peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak ada konflik kepentingan, berorientasi kepada kepentingan umum, dilakukan secara terbuka serta dapat dipertangungjawabkan hasilnya tidak untuk kepentingan diri sendiri,” kata Rusdi.

Pelaksanaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020, menurut Rusdi akan dimulai pelaksanaan pada bulan Mei sampai dengan Agustus. Untuk tahap awalnya dimulai dari penginputan Indeks Inovasi Daerah.

“Bila kita mendapatkan penghargaan dari IGA, kita mendapatkan reward berupa Dana Insetif Daerah, minimal dengan adanya IGA menjadi motivasi kita dalam melahirkan inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan publik, pendapatan asli daerah, capaian kinerja serta efisiensi,” kata Rusdi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *