PORSADINAS 2019 Dilaksanakan di Kemuja

Bangka, Detakbabelnews.com – Pekan Olah Raga dan Seni antar Diniyah (Porsadinas) Nasional yang keempat dilaksanakan di Provinsi Bangka Belitung tepatnya di Pondok Pesantren Al-Islam Desa Kemuja, Kamis (24/10/2019). Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 27 Oktober tersehut diikuti oleh 27 Provinsi se Indonesia.
Porsadinas merupakan ajang rutin dua tahunan. Pada tahun 2019 sendiri jumlah peserata yang mengikuti kegiatan tersebut mencapai 467 santri. Mereka berasal dari 27 Provinsi yang ada di Indonesia.
“Tercatat jumlah peserta tahun ini mencapai 467 santri, official sebanyak 329 orang, pendamping sebanyak 402 orang, ketua kontingen sebanyak 27 orang, dan jumlah seluruhnya sebanyak 1223 orang,” ujar Ketua Pelaksana Porsadinas, Mahfuz.
Seluruh peserta dan tim mendapatkan akomodasi di sekitar daerah, bahkan di Pangkal Pinang. Sebagai tempat berlangsungnya pertandingan, akan dilaksanakan di lingkunan Pondok Pesantren Al-Islam yang juga mencakup Masjid dan Musola.
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Forum Komunikasi  Diniyah Takmiliyah, Lukman Hakim menuturkan Provinsi Babel sangat mendukung kegiatan. Terlebih lagi kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kemuja merupakan pusat sejarah Islam di Bangka Belitung.
“Tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai ajang  silaturrahmi antar madrasah Takmiliyah sekaligus juga sebagai pembuktian bahwa anak-anak ini bisa berprestasi, dan juga kreatif,” ujar Lukman Hakim.
Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung juga memberikan apreaiasi atas kepercayaan bagi Bangka Belitung dalam penyelenggaran Porsadinas. Menurutnya ajang para santri ini juga sangat cocok dilaksanakan di salah satu pondok pesantren modern di Kabupaten Bangka.
“Kami sangat berterima kasih pada pemerintahan Republik Indonesia, masyarakat Kemuja dan semua pihak atas terselenggaranya Porsadinas ke IV ini, mudah-mudahan acara ini berlangsung sesuai yang diharapkan hingga akhir penutupan,” pungkas Erzaldi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *