Doni Monardo Apresiasi Pelestarian Hutan Mangrove di Bangka Belitung

Bangka Tengah, Detakbabelnews.com
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) RI, Doni Monardo mengapresiasi  atas usaha dari pihak-pihak yang telah aktif melakukan penyelamatan lingkungan, khususnya hutan mangrove di wilayah Bangka.

Baginya hal penting yang bisa dicontoh dari semua itu adalah bagaimana kita bekerjasama mengembalikan fungsi mangrove sebagai penyerap karbon sekaligus penghasil oksigen. Selain itu magrove juga bisa menjadi benteng alam dan pelindung dari gelombang besar hingga tsunami.

Dari segi ekonomi, kawasan mangrove juga menjadi rumah-rumah bagi kepiting dan udang yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, pemanfaatan mangrove sebagai kawasan wisata seperti yang sudah dilakukan Bangka juga bisa menghasilkan pundi-pundi ekonomi yang berkelanjutan.

” Pemanfaatan sesuai dengan keberlangsungan daripada ekosistem mangrove itu sendiri dapat meningkatkan perekonomian ,”ujarnya.

Kehadiran sang jenderal yang pernah sukses mempelopori program ‘Citarum Harum’ di ‘Hutan Amazon’nya Bangka itu juga diisi dengan kegiatan penanaman bibit pohon mangrove. Usai menanam, Kepala BNPB kemudian berkeliling di kawasan konservasi yang juga disulap menjadi tempat wisata alami.

Adapun Kawasan Konservasi Mangrove Kurau Barat telah menyabet penghargaan bergengsi Kalpataru pada bulan Juli 2019 lalu. Mulanya kawasan ini hanya memiliki luas 213 hektar. Berkat usaha penanaman mangrove yang dilakukan sejak 2004 lalu dengan tingkat prosentasi keberhasilan pertumbuhan hingga 90% itu, kawasan semakin meluas hingga 800 hektar.

Selain konservasi dan wisata alam, hutan mangrove yang memiliki empat jenis tanaman masing-masing ; Rizophora, Avicinea, Soneratia Alba, Api-api itu juga menjadi lokasi favorit para pecinta fotografi burung dan alam liar. Selain itu banyak peneliti yang keluar masuk di wilayah lingkungan yang sangat terjaga dan terawat kelestariannya tersebut. ( Red ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *