Kelekak Nusantara Jadi Event Bulan Pengurangan Resiko Bencana Tingkat Nasional 2019

Jakarta,Detakbabelnews – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa menyatakan  Bangka Belitung terus berbenah diri dalam mempersiapkan pelaksanaan Bulan Pengurangan Resiko Bencana Tahun 2019. Mikron meyakini event nasional tersebut yang dipusatkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat berjalan dengan sukses.
 
Hal tersebut diungkapkan Mikron dalam Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Nasional yang berlangsung di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta pada hari Jum’at (23/08/2019).
 
 “Melalui forum ini, Bangka Belitung mengangkat tema lokal yaitu Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Kearifan Lokal. Dan salah satu agenda pada bulan PRB Nasional Tahun 2019 adalah Kelekak Nusantara,” ujar Mikron.
 
Menurut Mikron, Kelekak Nusantara menjadi salah satu event yang sangat sesuai dengan tema bulan PRB Nasional Tahun 2019, yaitu “Pengurangan Risiko Bencana Berbasisi Ekosistem dan Investasi,”. 
 
Kelekak Nusantara mengusung konsep dimana masing-masing provinsi akan menanam pohon endemik di Bangka Belitung yang berasal dari daerahnya masing-masing. 
 
“Maknanya Kelekak Nusantara merupakan investasi jangka panjang dalam mengurangi risiko bencana, dan di Kelekak Nusantara ini akan terkumpul seluruh tanaman yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia,” jelas Mikron. 
 
Selain Kelekak Nusantara, event lokal yang dipersiapkan Bangka Belitung untuk mensukseskan bulan PRB Nasional Tahun 2019 adalah Kampanye PRB se-Sumatera, Rally PRB dan Fieldtrip, Jambore Komunitas, akulturasi budaya dan wisata (nganggung) dan Fun Walk. 
 
“Seluruh agenda lokal yang diinisiasi oleh Bangka Belitung akan digabungkan dengan agenda nasional,” ungkap Mikron. 
 
Bulan PRB Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019 akan dihadiri lebih dari 5000 peserta. Peserta tersebut berasal dari Kementerian/Lembaga, OPD Provinsi Kabupaten/Kota, Organisasi Nasional/Daerah/Internasional, Forum PRB, praktisi kebencanaan, perguruan tinggi, lembaga usaha dan organisasi masyarakat.
 
Mikron meyakini bahwa bulan Pengurangan Resiko Bencana Nasional Tahun 2019 akan memberikan dampak positif kepada masyarakat. “Setiap bentuk bencana harus kita hadapi. Maka seyogianya masyarakat terus dapat meningkatkan pemahaman terhadap penanggulangan bencana, termasuk pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Melalui kegiatan bulan PRB Nasional Tahun 2019, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengurangi dan mengantisipasi bencana,” tutup Mikron.
Sumber: 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *