54 Anak Kecamatan Riau Silip Disunat

Bangka, Detakbabelnews.com – Sebanyak 54 anak usia Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Riau Silip disunat. Sunat yang dilakukan secara massal tersebut dilangsungkan di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Riau Silip pada Selasa (02/07/2019) . Melibatkan sebanyak 30 tenaga medis dari Puskesmas Riau Silip serta dibantu seluruh perangkat Desa. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bank Syariah Babel (BSB) yang bekerjasama dengan pihak Kecamatan Riau Silip dalam rangka milad BSB yang ke 17 tahun.
Mewakili Bupati Bangka, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian, Syafarudin, S.E., mengatakan khitan merupakan salah satu faktor penunjang kesehatan bagi laki-laki Muslim menjelang remaja. Dikaitkannya dengan syariat Islam yakni kebersihan merupakan salah satu bagian dari keimanan.
“Tradisi sunat ini bisa dikatakan wajib bagi laki-laki memasuki usia remaja. Selain itu juga karena faktor kesehatan,”imbuh Syafarudin.
Diungkapkan Syafarudin dengan selesainya khitan berarti sudah wajib melaksanakan syari’at-syari’at Islam seperti Sholat Fardu, membaca Al-Qur’an dan amal ibadah wajib lainnya. Ditambahkannya pengimplementasian ilmu agama yang efektif diharapkan dapat melahirkan generasi yang berguna bagi agama dan bangsa.
Syafarudin menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bangka sangat mendukung kegiatan tersebut dengan tujuan meringankan perekonomian masyarakat khususnya yang kurang mampu.
“Semoga kegiatan ini dapat meringankan perekonomian masyarakat kita,”pungkasnya.
Dodo (33) orangtua dari Stevano (6) asal Desa Riau Silip menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Bangka atas kegiatan khitanan massal tersebut. Menurutnya, dirinya bersama keluarga merasa sangat terbantu dikarenakan pihak penyelenggara tidak melakukan pungutan biaya (gratis).
“Terimakasih kepada semuanya, sebagai masyarakat yang kurang mampu seperti kami ini merasa sangat terbantu. Ini kan gratis ya, apalagi pelayanannya pun ramah,”diakuinya saat diwawancarai disela-sela acara. (Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *