Maksimalkan PAD, Pemkab Bangka Gelar Rapat Penyelesaian BMD

Bangka,Detakbabelnews.com – Saat ini Pemkab Bangka memiliki sebelas sumber pajak dan retribusi. Diantaranya, pajak dari hotel, restoran, parkir, air tanah, mineral bukan logam dan Pajak Bumi dan Bangunan. Sumber – sumber tersebut sedang digenjot Pemerintah Kabupaten untuk mendorong peningkatan PAD. Hal ini disampaikan Bupati Bangka Mulkan SH MH dalam rapat pembahasan penyelesaian BMD di Ruang OR Bangka Setara Setda Bangka (17/6/2019).
Rapat dihadiri Pj. Sekretaris Daerah (Sekda), perwakilan dari KPK, BPN, Kejaksaan dan beberapa OPD yang terkait dengan retribusi dan perpajakan.
Bupati Bangka pun menyampaikan, pertemuan itu bertujuan untuk membahas berbagai upaya untuk meningkatkan PAD.
“Pertemuan ini dilakukan untuk fokus membahas pendapatan daerah serta upaya-upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah terutama dari sektor perpajakan” ungkap bupati.
Menurutnya, ada beberapa permasalahan yang ditemui dalam pemaksimalan percepatan penggalian PAD .Seperti masih adanya tunggakan PBB dan hotel harus segera dicarikan solusinya. Lebih lanjut, dalam rapat disampaikan beberapa upaya peningkatan pendapatan. Diantaranya dengan pembuatan aplikasi e-BPHTB dan berkoordinasi dengan Bank Sumsel Babel dengan alat pencatatan transaksi di setiap restoran dan hotel. Sehingga, data yang diperoleh merupakan data yang akurat. Selain itu, akan dilakukan pembentukan tim optimalisasi perolehan pajak dengan melibatkan OPD dan pihak Kejaksaan untuk membantu mendorong kepedulian membayar pajak.
“Terkait pendataan wajib pajak, aset dan perizinan ini perlu ditindak lanjuti, perlu dilakukan pendataan bagi wajib pajak yg datanya terintegrasi antara Perpajakan dengan Perizinan. Dan data tersebut perlu diketahui oleh pemerintah daerah termasuk Satpol PP yang akan melakukan proses penertipan”, ujar Ardiansyah dari tim koordinasi supervisi dan pencegahan KPK ketika diminta memberi tanggapan terkait permasalahan yang sedang dihadapi.(Pemkab Bangka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *