Sebanyak 39 Kontainer Komoditi Lokal Bangka Belitung Tembus Pasar Dunia


Bangka , Detakbabelnews.com

Balai Karantina kelas ll Pangkalpinang melakukan pelepasan ekspor komoditas bahan karet dan Lada dengan tujuan negara Tiongkok, Pakistan dan Perancis oleh PT. Fajar Berseri dan PT. Makro Jaya Lestari dalam rangka Agro Gemilang, Jumat (15/03/2019).

Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, Agus Sunanto menyampaikan untuk petani lokal agar dapat mengekspor komiditi yang dihasilkan dengan memenuhi kelayakan, seperti ;  bebas dari penyakit, menjaga mutu, kebersihan bahan dan memenuhi standar yang di minta negara tujuan ekspor.

Karenanya, Badan Karantina Pertanian berkomitmen untuk memfasilitas serta mendorong akselerasi ekspor komoditi  komoditas pertanian di Indonesia dengan berkordinasi dan bekerjasama dengan intansi terkait, baik dari pemerintahan daerah, Dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan perdagangan.

” Bahan yang kita ekspor hari ini berjumlah 30  kontainer karet tujuan china, 8 kontainer tujuan Pakistan serta 1 kontainer lada dengan tujuan Francis, jadi total ekspor kita hari ini berjumlah 39 kontainer,” terang Agus.

Sementara, Pemilik perusahaan barang yang akan ekspor, Erwin Sugianto  menjelaskan komoditas karet yang kita kirim berupa bahan yang nantinya dibuat menjadi Fanbel dan Ban.

Kemudian dirinya sampaikan bahwa hasil mutu produksi dari masyarakat selama ini cukup bagus, dan harga pembelian kepada  masyakat masih mengikuti harga dunia, dikarenakan sampai saat ini Indonesia untuk harga masih tertinggi nomor 2 (Dua), sedangkan pada urutan pertama adalah Thailand dan ketiga Vietnam.

” Kedepannya untuk menjaga mutu karet, kita akan membina para petani agar karet yang dihasilkan tetap terjaga kualitas,” ucap Erwin. ( Pwt ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *