PENTINGNYA AKAN PEMAHAMAN CYBER SECURITY MANAGEMENT BAGI MAHASISWA DAN DUNIA DIGITAL

Cyber Security suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang untuk melindungi sistem komputer dari serangan yang bersifat ilegal dan pada Cyber Security Management ini dapat diartikan sebagai manajemen keamanan siber yaitu suatu upaya yang strategis dalam menjaga sumber daya informasi penting. Hal ini juga berfokus pada cara bisnis memanfaatkan aset dari keamanan bisnis mereka termasuk perangkat lunak dan solusi keamanan teknologi informasi untuk melindungi sistem bisnis.

Tujuan utama manajemen keamanan siber adalah untuk mengurangi risiko keamanan siber dan melindungi aset informasi dari ancaman siber yang beragam, termasuk serangan malware, serangan phishing, serangan jaringan, dan ancaman insider.

Dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam manajemen keamanan siber, dan dapat meningkatkan ketahanannya terhadap ancaman siber dan mengurangi dampak dari insiden keamanan yang mungkin terjadi.
Dalam hal ini sudah sangat jelas bahwa pentingnya dalam memahami konsep dari Cyber Security Management selain membantu melindungi data-data yang penting. Peranan Cyber Security Management juga penting bagi para mahasiswa-mahasiswi karena dapat dikatakan dengan adanya kemajuan dalam teknologi informasi dan komunikasi para mahasiswa perlu mengetahui pentingnya dalam melindungi informasi pribadi dan juga mencegah terjadinya serangan siber yang dapat merugikan banyak hal dan manajemen keamanan siber ini mencakup pemahaman etika dan tanggung jawab dalam menggunakan teknologi informasi, mahasiswa juga harus menyadari bahwa tindakan seperti peretasan dan pencurian data ialah tindakan ilegal yang dapat menimbulkan terjadinya konsekuensi hukum.

Mahasiswa juga perlu akan memahami pentingnya menjaga suatu privasi dan integritas data serta tanggunag jawab sebagai pengguna teknologi informasi, dalam dunia pendidikan terkhususnya Universitas berperan penting dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa ataupun mahasiswi terkait manajemen keamanan siber ini.

Di Dunia Digital pastinya peranan cyber security sangatlah berpengaruhi besar bagi keamanan data-data penting apalagi cyber security management sebagai jembatan untuk orang-orang yang bisa dikatakan butuh dalam menjaga ataupun melindungi data pribadi mereka maupun non pribadi dan seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat ruang lingkup ancaman siber semakin berkembang juga sehingga ini menjadikan cyber security management sebagai peranan yang sangat penting bagi dunia digital ataupun untuk menjaga data-data pengguna dari akses ilegal, pencurian oleh hacker, dan serangan-serangan cyber lainnya dapat disimpulkan ini merupakan tujuan utama dari cyber security management sebagai cara kita untuk melindungi dunia digital.

Nurfitri Raudhatul Jannah ( 3042211037 )

Prodi Bisnis Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bangka belitung

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *