Hak Anak dalam Hak Asasi Manusia

Opini : Hak Anak dalam Hak Asasi Manusia

Pangkalpinang Detakbabel.com Menurut Undang-Undang Republik Indonesia (UU RI) No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) yang dimaksud dengan HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang-orang.

Persoalan anak bukankanlah merupakan masalah keluarga saja, tapi juga menjadi masalah Negara Bahkan merupakan masalah global, karena masa depan negara tergantung pada keadaan anak masa kini. Terjadinya persoalan anak terlantar dan anak jalanan ini sangat tergantung pada pola Kehidupan keluarga yang kurang perhatian dan dukungan dan kehidupan kedua orang tua yang Tidak harmonis.

Sehingga anak salah memilih teman dan pergaulannya, anak tidak lagi hidup Bersama orang tua, anak sudah bersama sekelompok temannya dan mereka mempertahankan hidupnya dengan melakukan pekerjaan yang tidak memenuhi standard masyarakat.

Dimana kita ketahui sekarang bahwa anak jalanan ini sudah banyak sekali kita temui di mana-mana, apalagi anak itu menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah atau berkeliaran dari pagi sampai malam. Yang mana anak dibawah umur itu harusnya menghabiskan waktu nya untuk pendidikan, bermain dan lain-lain, dan juga jumlah anak jalanan ini setiap harinya meningkat hal ini diikuti oleh meningkatnya kejahatan yang dialami oleh anak-anak jalanan. Khususnya kejahatan seksual, dan eksploitasi anak.

Muhammad Adjie Ar Rauuf Mikail

Mahasiswa Universitas Bangka Belitung Fakultas Hukum

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *