Kepulauan Babel Ekspor 25 Ton Porang ke China

Kepulauan Babel Ekspor 25 Ton Porang ke China

PANGKALPINANG – Petani porang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), khususnya di Pulau Bangka patut berbangga. Pasalnya pada Jum’at (29/9/2023) pagi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel, Balai Karantina Indonesia, Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkalpinang bersama dengan PT JOF Porang Nusantara (JPN), melakukan kegiatan Pelepasan Ekspor 25 Ton Chips Porang ke China, yang berlangsung di Pelabuhan Pangkal Balam, Kota Pangkalpinang.

Terkait hal ini, Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Suganda Pandapotan Pasaribu, dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan tersebut, menyebut bahwa kualitas dan kandungan yang terdapat di dalam tanaman porang membuat tanaman tersebut memiliki nilai jual yang tinggi, nilai ekspor dan dilirik oleh sejumlah negara di dunia, salah satunya negara China.

Menurutnya ekspor chips porang yang dilakukan ke China, akan membantu penyerapan produksi umbi porang petani. Orang nomor satu di Kep. Babel itu berharap, selain melakukan ekspor ke China, porang asal Kep. Babel dan produk turunannya, dapat diekspor ke negara-negara lain di luar Asia. Selain itu, lanjutnya, komoditas pertanian lain seperti lada dan burung wallet, juga merupakan komoditas unggulan Kep. Babel.

“Porang merupakan salah satu jenis umbi-umbian dan termasuk dalam komoditas tanaman pangan, yang memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Biasanya dijadikan sebagai bahan baku tepung. Khasiat dari tanaman ini, yaitu dapat menghasilkan energi yang lebih optimal, menjaga berat badan, mengatur gula darah dan juga untuk pencernaan,” terangnya.

“Selain itu, umbi porang dapat juga dijadikan sebagai bahan lem organik ramah lingkungan serta bisa juga sebagai penjernih air. Yang pasti, kebutuhan dunia akan porang itu, bukan hanya untuk makanan saja, akan tapi juga untuk industri farmasi, industri kosmetik dan high tech, itu masih terbuka luas. Jadi, kita tidak perlu khawatir akan pasar porang ke depannya,” lanjutnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *