Bupati Bangka Mulkan Resmikan Gapura Selamat Datang 

Bupati Bangka Mulkan Resmikan Gapura Selamat Datang

Sungailiat,DetakBabelnews com
Bupati Bangka H. Mulkan. SH. MH Resmikan Gapura Selamat Datang Kabupaten Bangka Bumi Sepintu Sedulang  yang merupakan icon baru tapal batas Kabupaten Bangka Dan Kota Pangkalpinang yang terletak di Desa Pagarawan, kecamatan Merawang, Selasa (15/08/2023).

Bupati Bangka H. Mulkan. SH.MH dalam sambutannya menyampaikan pembangunan gapura selamat datang tersebut dibangun dengan dana CSR, Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat.

Dia menerangkan hal itu merupakan bentuk nyata dari Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat dalam mendukung program pembangunan Kabupaten Bangka.

” Pembangunan gapura selamat datang ini menelan biaya sebesar 1.7 milyar, Sedangkan untuk desain bangunan ini murni dari Pemerintah Kabupaten Bangka, sehingga terlihat nilai keindahan dan unsur estetikanya yang menarik,” ungkapnya.

Mulkan melanjutkan, gapura ini akan menjadi ikon bagi Kabupaten Bangka, karena bentuk dari gapura ini mencerminkan nilai-nilai kebersamaan dan sekaligus untuk menjaga dan melestarikan kearifan lokal,” tuturnya.

” Dengan dibuatnya mahkota dalam bentuk tudung saji dibagikan atas gapura merupakan wujud dari pelestarian kearifan lokal, Yang mana untuk mengingatkan kepada Masyarakat arti dari Sepintu Sedulang,” Imbuhnya.

Dalam budaya Sepintu Sedulang Memiliki arti duduk sama rendah berdiri sama tinggi, Meskipun jarak gapura ini dengan batas Kota Pangkalpinang masih sekitar 600, meter lagi, namun gapura ini berfungsi sebagai pintu selamat datang masuk ke wilayah Kabupaten Bangka.

Hadir dalam acara tersebut, PJ. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, Ketua DPRD Babel H,Hermansuhadi,Bupati Bangka H. Mulkan,wakil Bupati Bangka Syahbudin,wakil ketua DPRD Bangka RendraBasri,Forkopimda Kabupaten Bangka dan Pimpinan Bank Sumsel Babel.dan undangan lainnya.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *