Ada Tiga Jenis Bencana Melanda Babel, BPBD Jadi Garda Terdepan

PANGKALPINANG -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi garda terdepan bagi masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

Mulai dari pelaksanaan persiapan penetapan status keadaan darurat bencana, pelaksanaan koordinasi, kerjasama dan pengerahan sumber daya dalam penyelamatan dan evakuasi masyarakat korban bencana sampai dengan pelaksanaan, inventarisasi, identifikasi dan perlindungan terhadap kelompok rentan korban bencana merupakan tugas utama dari BPBD. Berdasarkan laporan yang di terima oleh BPBD Provinsi Babel ada tiga jenis bencana alam yang melanda wilayah Babel.

“Sampai dengan bulan Juli ada tiga jenis bencana yang melanda Babel, angin puting beliung yang meninggalkan kerugian materi. Banjir juga tetap terjadi karena ada fenomena badai tropis jadi mempengaruhi hujan, maka ada banjir di Pangkalpinang, Bangka dan Belitung. Lalu ada kebakaran hutan dan lahan, sesuai prediksi memang musim kemarau yang puncaknya nanti Agustus dan September,” kata Kepala BPBD Provinsi Babel, Mikron Antariksa, Kamis (20/7).

Lebih lanjut, dia juga mengatakan fenomena El Nino turut menjadi perhatian, karena dapat memicu kekeringan pada musim kemarau.

“Berdasarkan titik hotspot yang disebarkan BMKG, kami tinjau di lapangan, ada memang kejadian kebakaran hutan tapi tetap memancarkan panas terbaca satelit,” kata Mikron.

Mikron mengimbau kepada masyarakat untuk lebih mewaspadai dan siap siaga menghadapai bencana tersebut.

“Salah satu yang harus disiapkan adalah kita harus siap siaga,harus tahu jenis bencana, harus tahu risiko yang ditimbulkan oleh bencana tersebut, misalkan terjadi angin kencang harus ada pemangkasan pohon -pohon yaang tinggi, membersihkan selokan yang mampet, tidak melakukan aktifitas pembakaran lahan, kalaupun membakar harus pembakaran yang terkendali dan bisa dikondisikan,”jelasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *