Ketua ASKOMPSI: ADLGA dan Rakortekrenbang, Harapan Sinergitas Pusat dan Daerah

Ketua ASKOMPSI: ADLGA dan Rakortekrenbang, Harapan Sinergitas Pusat dan Daerah

JAKARTA – Ketua Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Sudarman, mendampingi Wakil Menteri Dalam Negeri RI, John Wetimpo, dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah pada pembukaan Rapat Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Tahun 2023, dan penyerahan penghargaan ASKOMPSI _Digital Leadership Goverment_ _Award_ (ADLG)2022 di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (28/2/23).

Dengan berdasarkan pada penilaian dari semua fase, pemenang kategori ADLGA 2022 dibagi menjadi kelompok Provinsi, Kabupaten dan Kota. Pada kelompok Provinsi, Sekda Provinsi Bali menjadi peringkat pertama, Sekda Provinsi Jawa Barat peringkat kedua, dan Sekda Provinsi Sumatera Selatan peringkat tiga.

Sementara kelompok Kota, Sekda Kota Bandung jadi peringkat pertama, Sekda Kota Magelang jadi peringkat kedua, dan Sekda Kota Tangerang peringkat ketiga.

Sedangkan pada kelompok Kabupaten, peringkat satu adalah Sekda Kabupaten Sumedang, peringkat dua Sekda Kabupaten Sukoharjo, dan peringkat tiga Sekda Kabupaten Tangerang.

Wakil Mendagri John Wetimpo yang dalam kesempatan ini mewakili Menteri Dalam Negeri RI menyampaikan, bahwa seyogyanya tujuan pembangunan daerah adalah untuk peningkatan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses dan kualitas pelayanan publik dan peningkatan pemerataan daya saing daerah.

“Dalam hal ini, kesepakatan dalam kegiatan Rakortekrenbang diharapkan dapat menjadi pijakan dalam penyusunan RKP dan RKPD melalui sinkronisasi sasaran makro pembangunan, _major project_ atau program strategis nasional, dan kinerja penyelenggaraan urusan pemerintah konkuren,” harapnya.

Disamping itu, sebagai Ketua ASKOMPSI sekaligus juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel), Sudarman mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberi harapan sinergitas pusat dan daerah.

“Selama ini, Rakortekrenbang yang dilakukan tidak memberi peluang pembahasan program kegiatan antara pusat (Kemenkominfo) dan daerah. Namun, melalui kegiatan ADLGA dan Rakortekbang ini, kita bisa mengusulkan proposal ke Kemendagri yang akan diteruskan ke kementerian terkait,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dalam pembahasan nanti usulan-usulan tersebut dimasukkan dengan program strategis percepatan digitalisasi atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan program Satu Data Indonesia (SDI).

“Selain itu, Sekda yang terbaik dalam ADLGA dapat menjadi studi tiru bagi daerah-daerah lainnya,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *