Tingkatkan Kompetensi Pranata Humas, Diskominfo Pemprov. Kep. Babel Gelar Bimtek PANGKALPINANG

Tingkatkan Kompetensi Pranata Humas, Diskominfo Pemprov. Kep. Babel Gelar Bimtek

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Pengaduan, Informasi Publik, Komunikasi Publik dan Sosialisasi Regulasi Terkait Penilaian Kinerja Jabatan Fungsional Pranata Humas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel), di Hotel Cordela, Rabu (8/2/2023).

“Pranata Humas adalah ujung tombak organisasi untuk memberikan citra terbaik bagi organisasinya, pada posisi inilah Pranata Humas menjadi gerbang dua arah yaitu menyampaikan informasi kepada masyarakat dan menerima informasi dari masyarakat,” ujar Staf Ahli Gubernur Kep. Babel Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Eko Kurniawan saat membuka kegiatan bimtek.

Dirinya menyambut baik kegiatan bimtek ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kompetensi yang merupakan hal wajib yang harus terus dilakukan seluruh (Aparatur Sipil Negara) ASN di sepanjang pengabdiannya agar dapat terus berkembang dan tidak tergerus oleh zaman.

“Dengan kompetensi yang memadai, diharapkan bapak/ibu dapat saling bersinergi dalam merespon setiap pengaduan ataupun permohonan informasi yang disampaikan oleh masyarakat,” ujarnya.

Eko Kurniawan mengatakan bahwa, di era digital tuntutan masyarakat akan informasi semakin tinggi. Di era global serba cepat dan interaktif dituntut sikap bijak pada kondisi yang rawan terhadap informasi yang sensitif dan strategis. Untuk itu, pelayanan bidang informasi menuntut untuk memiliki pemahaman kesadaran dan kepekaan serta tanggap terhadap perkembangan.

“Pemerintah tak bisa lagi abai dan menutup mata atas keluhan, kritik, saran ataupun sekedar pertanyaan dari masyarakat yang ingin tahu terkait program pemerintah. Di era keterbukaan informasi, di tengah kemajuan teknologi yang begitu pesat dapat dikatakan seluruh gerak gerik kita terpantau oleh media, baik itu media konvensional maupun media sosial,” terangnya.

Terkait dengan lahirnya Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional memberikan arah baru tata kelola jabatan fungsional yang lebih dinamis. Hal ini sejalan dengan Pranata Humas harus mampu bersikap profesional sehingga dapat optimal menjalankan tugasnya dalam menyebarkan informasi yang berkaitan dengan program-program strategis.

Bimtek yang berlangsung dari Rabu-Jumat (8-10/2/2023) ini menghadirkan narasumber dari Kemenpan RB, Ombudsman RI Perwakilan Kep. Babel, Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Komisi Informasi Pusat RI, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Prov. Kep. Babel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *