Kolaborasi dan Sinergi Mewujudkan Data Berkualitas

Kolaborasi dan Sinergi Mewujudkan Data Berkualitas

PANGKALPINANG – Dalam pengelolaan manajemen data diperlukan kolaborasi dan sinergi guna mewujudkan data yang berkualitas dan menjadi pintu gerbang transparansi pada pemerintah melalui keterbukaan dan kemudahan pertukaran data antar instansi pemerintah pelaku usaha, dan masyarakat khususnya data statistik sektoral daerah.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Kepulauan Bangka Belitung (Setda Prov. Kep. Babel) Yanuar, didampingi Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov. Kep. Babel saat membuka kegiatan Forum Satu Data Indonesia Tingkat Daerah Prov. Kep. Bangka Belitung Tahun 2022 di Hotel Cordela Pangkalpinang, Senin (5/12/2022).

Dirinya mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, pengaturan satu data Indonesia dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan oleh instansi pusat dan instansi daerah untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Dalam mendukung penyelenggaraan satu data Indonesia, forum satu data tingkat daerah merupakan wadah komunikasi dan koordinasi untuk penyelenggaraan satu data Indonesia tingkat Prov. Kep. Babel satu data Indonesia tingkat daerah provinsi dalam menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perencanaan pembangunan nasional Nomor 16 tahun 2022 tentang Manajemen Data Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, bahwa pengelolaan manajemen data dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut, perencanaan data, pengumpulan data, pemeriksaan data, dan penyebarluasan data.

“Untuk menindaklanjuti peraturan Presiden tersebut, Prov. Kep. Babel telah menerbitkan peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Pergub) Nomor 18 Tahun 2002 tentang Penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) tingkat provinsi. Kebijakan ini merupakan suatu bentuk inisiasi yang dilakukan terkait tindak lanjut satu data Indonesia di tingkat daerah,” jelas Yanuar.

Salah satu ruang lingkup pengaturan dalam pergub ini adalah, Forum Satu Data Indonesia tingkat provinsi dalam membangun kerja sama, kolaborasi, dan sinergi antara penyelenggara satu data Indonesia tingkat provinsi dan kabupaten kota yang terdiri dari pembina data, walidata, dan produsen data untuk menyepakati dan menyelesaikan permasalahan terkait penyelenggaraan satu data Indonesia tingkat daerah.

“Terima kasih atas kerja sama Badan Pusat statistik Kep. Babel sebagai pembina data tingkat daerah provinsi dalam melakukan pembinaan penyelenggaraan satu data Indonesia tingkat daerah dan memberikan rekomendasi dalam proses perencanaan pengumpulan data dan metadata,” ujarnya.

Kepala Diskominfo Prov. Kep. Babel, Sudarman mengatakan, Dinas Kominfo sebagai wali data tingkat daerah yang memiliki tugas memeriksa kesesuaian data yang disampaikan produsen data, menyebarluaskan data, dan metadata serta membantu pembina data dalam membina produsen data.

“Diharapkan dapat tercapai dan mempercepat penyelenggaraan satu data Indonesia tingkat daerah, serta produsen data yang memiliki tugas dalam memberikan masukan kepada pembina data dan menghasilkan data serta menyampaikan data dan metadata melalui portal satu data Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (sdi.babelprov.go.id),” kata Kepala Diskominfo Kep. Babel.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan penghargaan Perangkat Daerah dengan Tata Kelola Data Statistik Sektoral Terbaik di Prov. Kep. Babel.

Perangkat Daerah Terpilih di antaranya:
1. Terbaik I Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan;
2. Terbaik II Dinas Koperasi dan UKM;
3. Terbaik III Dinas Kesehatan;
4. Terbaik IV Badan Keuangan Daerah;
5. Terbaik V Dinas Pendidikan.

Dengan penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kep. Babel, diharapkan akan menghasilkan data dan informasi yang berkualitas, sehingga kebijakan yang dihasilkan akan tepat sesuai dengan kebutuhan pembangunan di Kep. Babel.

Turut hadir dalam acara ini sebagai narasumber, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Bappenas selaku koordinator sekretariat satu data Indonesia tingkat pusat, Oktorialdi, Kepala BPS Kep. Babel Toto Haryanto Silitonga, Kepala Bappeda Prov. Kep. Babel, Ferry Insani.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *