Inilah 6 Cara Agar Tak Tertular Virus Corona Saat di Pesawat

Jakarta – Virus corona jenis baru yang menggemparkan Wuhan, China, semakin menyebar. Berbagai negara pun telah meningkatkan kewaspadaan kepada para warganya.

Kewaspadaan difokuskan pada bandara-bandara, khususnya yang pulang-pergi dari dan ke daratan China. Indonesia juga menjadi negara yang meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona, yang telah menewaskan sedikitnya enam orang.

Virus corona memang belum menyebar hingga Indonesia. Hal itu disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, dr Wiendra Waworuntu, MKes. Namun tidak ada salahnya jika para penumpang pesawat terbang yang ingin bepergian ke luar negeri, melakukan tindakan pencegahan agar tidak terserang virus corona.

Untuk itu kamu perlu tahu berbagai langkah pencegahan virus corona saat berada di bandara maupun dalam pesawat. Apa saja yang harus dilakukan agar tidak terkena virus corona? Ini cara-caranya seperti dikutip dari USA Today.

1. Lebih Sering Cuci Tangan dengan Sabun dan Air

Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat (CDC) pencegahan pertama terhadap penyebaran virus corona adalah mencuci tangan lebih sering. Cucilah tangan dengan cara menggosok bagian punggung, telapak dan sela-sela jari tangan selama minimal 20 detik.

2. Bawa Hand Sanitizer

Cuci tangan pakai sabun dan air memang lebih baik membunuh kuman ketimbang hand sanitizer. Tapi sebaiknya tetap bawa hand sanitizer untuk jaga-jaga jika kamu tidak punya akses ke air bersih dan sabun. Disarankan membawa hand sanitizer mengandung alkohol minimal 60 persen untuk mencegah terkena virus corona selama penerbangan.

3. Hindari Menyentuh Anggota Tubuh yang Memiliki Kelenjar

Hindari sebisa mungkin menyentuh mata, hidung dan mulut jika kamu tidak yakin tanganmu bersih. Virus corona bisa menyebar lewat kelenjar atau lendir pada tubuh.

4. Ventilasi Tetap Terbuka

Jaga ventilasi udara di atas kepala kamu tetap terbuka agar tetap ada sirkulasi udara meskipun sedang berada di pesawat. Ventilasi yang terbuka akan memungkinkan terjadinya pertukaran udara.

5. Lap Sandaran Tangan dan Meja

Lap sandaran tangan dan meja kursi dengan tisu basah yang mengandung alkohol dan antibakteri. Jangan lupa juga selalu membawa tisu basah ketika akan menggunakan toilet. Buka pegangan pintu toilet dengan tisu agar virus corona tak menempel pada tangan.

6. Pakai Masker

Gunakan masker wajah saat berada di pesawat, khususnya jika kamu duduk di sebelah orang yang sedang batuk atau flu. Memakai masker wajah akan membantu melindungi kamu terkena virus corona.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona di pesawat. Semoga kamu tetap aman selama penerbangan, dan tidak terjangkit virus corona yang membahayakan. (mb/detik)

Pos terkait