Kalakhar Babel : Kabut Asap di Babel Bukan Asap Kiriman

Pangkalpinang, DETAKBABEL –Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa sampaikan bahwa kabut asap yang terjadi di wilayah Bangka Belitung diduga bukan kiriman asap dari wilayah Sumatera ataupun Kalimantan.

” Hal ini dikarenakan kabut asap yang melanda wilayah di Babel tidak merata, besar kemungkinan disebabkan karhutla lokal,” kata Mikron Antariksa.

“Di Desa Penyak dan sekitarnya ada kebakaran dan di Bukit Pading, perbatasan Bangka Tengah dan Bangka Selatan, rata – rata  wilayah yang terkena kabut rata – rata lahan gambut,” jelasnya.

Kemudian, dirinya utarakan bahwa  kerugian secara materil dampak dari karhutla dan kabut asap sejauh ini belum siknifikan, namun dari segi kesehatan sudah mulai terdampak. karena masyarakat yang terkena kabut asap ini akan terkena ispa dan ini sudah mulai berdampak seperti di Desa PayaBenua dikarenakan kondisi tersebut sudah berlangsung selama satu minggu.

Untuk itu dia mengimbau, agar masyarakat sama-sama untuk dapat  menjaga lingkungannya dengan tidak membakar lahan dan hutan secara  sembarangan serta tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *