BPBD: Terdeteksi Melalui Satelit, 138 titik panas di Bangka Belitung

Pangkalpinang, DETAKBABEL – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan satelit NOAA mendeteksi sejumlah titik panas diwilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


“Kabupaten Bangka mencapai 50 titik panas,” kata Kepala BPBD Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.(02/09/19 )

Adapun sebanyak 138 titik panas terdeteksi dan diperkirakan akan terus meningkat hingga November 2019 atau puncak musim kemarau di daerah itu.


Ia menjelaskan sebanyak 138 titik panas tersebut tersebar di sejumlah kabupaten dengan rincian 50 titik panas di Bangka , 41 titik panas di Bangka Barat dan 22 titik panas di Bangka Selatan, 16 titik panas di Kabupaten Bangka Tengah, Belitung 5 dan Belitung Timur 3 titik dan Kota Pangkalpinang terdeteksi 1 titik panas.

“Dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan kita menggunakan NOAA, karena tingkat kepercayaan satelit mencapai 100 persen dibandingkan satelit Terra dan NPP,” terangnya.

Titik panas yang terdeteksi selama Agustus tahun ini mencapai 97 titik atau mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan Juli sebanyak 22 titik dan Juni 3 titik panas.

“Titik panas tahun ini diperkirakan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, karena tingkat kemarau yang lebih panjang dan kering,” katanya. ( red ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *