BPBD Babel : Hindari Penggunaan Kresek Saat Pembagian Daging Kurban

Pangkalpinang, Detakbabelnews – Mendukung Bulan Pengurangan Risiko Bencana ( PRB ) pada Oktober 2019 mendatang dan Bulan Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik saat pembagian daging kurban Idul Adha 1440 H tidak menggunakan kantong plastik  ( Kresek) sangatlah bijak. Minggu (04/08/2019 ).

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mikron Antariksa menghimbau kepada Panitia Kurban agar pembagian daging kurban kepada masyarakat penerima daging kurban tidak menggunakan kantong plastik.

Hal ini disampaikan dirinya, sebagai bagian dari masyarakat untuk berupaya agar dapat menjaga lingkungan untuk mengurangi sampah dan menjaga kualitas kesehatan yang menjadi tanggung jawab kita bersama.

” Masih ada waktu untuk mempersiapkan barang yang akan mengantikan plastik, kita ketahui bahwa kantong plastik atau kresek merupakan hasil dari proses daur ulang plastik bekas yang mengandung zat Karsinogen dan juga sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita,” paparnya.

Pengunanaan wadah yang ramah lingkungan selain itu dapat mengurangi sampah juga berdampak baik bagi kesehatan dan lingkungan sekitar kita, karena penggunaan daun pisang, daun simpur dan ayaman bambu dapat  membantu ekonomi para perajin disekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Mikron juga berharap langkah dari berbagai pihak yang tidak mengunakan kantong plastik dapat diikuti semua kalangan baik itu Pemerintah, Masyarakat, Pengurus masjid serta berbagai kelompok yang akan membagikan daging kurban nanti.( red ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *