Sekda Pangkalpinang Tinjau Pelaksanaan USBN

Pangkalpinang,Detakbabelnews.com – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tingkat SMP/MTs Kota Pangkalpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 1 Pangkalpinang, Kamis (4/4/2019) pagi. 

Radmida menyatakan, ada 225 siswa-siswi SMP Negeri 1 Pangkalpinang yang mengikuti USBN. Berdasarkan pantauannya, USBN berjalan lancar.
“Mudah-mudahan nanti sampai dengan selesai berjalan dengan lancar. Hasilnya anak-anak di SMP Negeri 1 dan umumnya di Kota Pangkalpinang, harapan kita bisa lulus semua dengan nilai yang terbaik. Itu harapan kita,”kata Radmida.
Radmida menjelaskan, pengawasan USBN pun sudah bagus dan fair (adil) karena petugas pengawasnya silang. Misalnya, pengawas ujian di SMP Negeri 1 ini, pengawasnya berasal dari sekolah lain. Hal ini pun berlaku untuk sekolah-sekolah lainnya.
“Kita mengantisipasi jangan sampai ada su’udzon (buruk sangka) jangan sampai ada omongan siswanya dibantu melalui handphone dan lain-lain. Tetapi  ini tidak, khususnya Kota Pangkalpinang sudah diterapkan syarat seperti itu. Insyaallah berjalan dengan fair, bersih dan tidak ada hal-hal melanggar aturan,”jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Ety Fahriaty yang ikut mendampingi Sekda dalam peninjauan tersebut menyatakan, ada satu orang siswa yang tidak ikut USBN hari ini karena izin mengikuti Kejurda Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Siswa tersebut mendapatkan dispensasi dan akan mengikuti ujian susulan.
Ety menjelaskan nilai USBN ini menentukan kelulusan. Kriteria kelulusan ditentukan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh sekolah.
“Kita ada standar sekolah yang menentukan kriteria kelulusan ini apakah karakternya, persentase kehadiran, nilainya. Kalau memenuhi persyaratan itu anak bisa lulus, tapi kalau tidak memenuhi bisa jadi tidak lulus,”jelasnya.
Sumber  : Pemkot Pangkalpinang 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *