Gubernur Erzaldi Saksikan Penandatanganan Zona Integritas di Pengadilan Tinggi Babel

Pangkalpinang, Detakbabelnews.com Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyaksikan Penandatanganan Piagam Zona Integritas, Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Pengadilan Tinggi (PT).
Sementara penandatangan tersebut, dilakukan oleh Ketua PT Babel Kornel Sianturi, Kamis (21/3) di ruang pertemuan PT. Babel.
Penandatanganan turut disaksikan Pejabat dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Babel Subuh Wibisono.
Kornel Sianturi, mengatakan berdasarkan agenda laporan tahunan Mahkamah Agung (Laptah MA) tahun 2018, dengan tema “Era Baru Peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi”, dalam rangka pembaharuan Peradilan di Indonesia serta Asas Peradilan Murah dan Cepat, juga pokok.
Maka, Tugas Pokok Pengadilan adalah menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya oleh para pencari keadilan.
Mahkamah Agung, telah menyediakan Penerapan Aplikasi Sistem Penelusuran Perkara, serta pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu. Diharapkan dengan Aplikasi tersebut, Peradilan di Indonesia, khusunya di Babel dapat berjalan lebih baik lagi.
Pada tahun ini juga, diharapkan terwujud sistem integral dengan Pengadilan Negeri Kota Pangkalpinang, Pengadilan Negeri Sungailiat dan Pengadilan Negeri Tanjungandan untuk mendapatkan Sertifikasi.
Kornel mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas dukungan terhadap Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini. Dengan dukungan itu, diharapkan PT Babel dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Sementara itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, ini suatu acara yang sangat menggugah, yaitu Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani oleh PT Babel.
Gubernur bersama seluruh elemen masyarakat sangat mendorong zona integritas ini. Kalau Zona Integritas ini terjadi kita sangat bangga. Melalui sistem, semua transparan, tentunya era baru menuju negara kita yang berazaskan keadilan, ini lebih baik dalam penanganan hukum.
“Kami sangat mendorong. Kalau bapak minta do’a, akan kami do’akan, dengan suatu harapan tentunya kita ingin negara kita terkagum dengan masyarakat sampai level bawah,” kata Guberur.
Ia bangga insan pengadilan terus mendorong, yang membuat masyarakat betul-betul sama di mata hukum. Ini juga, suatu kemajuan yang sangat luar biasa ketika sistem dilakukan oleh Mahkamah Agung, dan segera dilaksanakan di level paling bawah yaitu Pengadilan Negeri.
“Saya yakin dan percaya dengan itu, pelayanan hukum kita untuk masyarakat akan lebih baik,” kata Gubernur.( * Red ).
Sumber : Humas Pemprov Babel 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *