KSOP Pangkalbalam Himbau Nelayan Lengkapi Dokumen Pengukuran Kapal di Bawah 7 GT

Pangkalpinang, Detakbabelnews.com – Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) Kelas IV Pangkalbalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka seluas – luasnya untuk nelayan diperairan Pulau Bangka agar perahu motor yang dimiliki dalam menangkap ikan yang belum diukur dapat segera dilakukan pengukuran untuk diterbitkan Pas kecil dibawah 7 GT.

Kepala KSOP Pangkalbalam Iszuar menyampaikan, hingga sampai pertengahan Februari 2019 sudah banyak para nelayan yang memiliki perahu motor di bawah 7 GT melakukan pengusulan untuk dilakukan pengukuran.

Perahu motor yang nantinya setelah dilakukan pengukuran oleh petugas KSOP Pangkalbalam akan dikeluarkan Pas kecil tanpa pungutan biaya alias gratis,ini sudah menjadi program Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Perhubungan laut yang diteruskan disetiap Kantor KSOP diseluruh Indonesia.

” Ketua koperasi maupun Ketua kelompok nelayan agar dapat membantu anggotanya untuk mendaftarkan pas perahu nelayan disetiap Kantor Pelayanan Syahbandar yang ada di pulau Bangka, Petugas akan memberikan saran petunjuk mengenai persyaratan yang akan dilengkapi, kami terus melayani masyarakat nelayan untuk perahu motor kepemilikannya agar memiliki legalitas berupa pas Kecil yang nantinya,” sampai Izuar di ruang kerjanya (19/02/2019.)

Perihal ini harus dilakukan para nelayan, karena bermanfaat bagi pemiliknya, Pas kecil menjadi persyaratan untuk mendapatkan BBM bersubsidi untuk para nelayan.

Selanjutnya, setelah pemilik pas kecil tersebut, maka bagi pemilik kapal dan crew kapal wajib mempunyai Surat Keterangan Kecakapan Berlayar, yakni SKK 30 mil yang diterbitkan oleh Kantor Kesyahbandaran perikanan,

Namun, sebelum memperoleh SKK 30 mil tersebut, nelayan wajib mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah  yang akan bekerjasama dengan Unit Pendidikan yang ditunjuk.

“Rencananya kegiatan pembinaan dan pelatihan nelayan untuk mendapatkan SKK 30 mil akan dilaksanakan setelah pengajuan dan program semua berjalan dan berharap para nelayan bangka semangkin profesional menjalankan profesinya,” harapnya. ( Pwr ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *