BPBD Kota Pangkalpinang Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Lingkungan

Pangkalpinang,  Detakbabelnews.com -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang melaksanakan Gotong Royong, bertempat di Taman Mandara dan Kolong Retensi Kacang Pedang, Jumat (9/11). 

Kegiatan yang melibatkan beberapa instansi terkait diantaranya DLH, Satpol PP, Basarnas, Dinsos, Anggota Pramuka Kwarcab Kota Pangkalpinang serta bebebrapa Kecamatan/Kelurahan yang terdampak langsung dengan bencana (banjir) seperti Kelurahan Pintu Air Kecamatan Rangkui dan Kelurahan Kejaksaan Kecamatan Taman sari itu dimaksudkan untuk mengajak masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan khususnya sungai dan aliranya dalam rangka Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Pangkalpinang. 

Plt Kepala BPBD Kota Pangkalpinang Izwarhadi mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Pemda Pangkalpinang bersama masyarakat ini akan dilakukan selama 4 hari yang mana akan menyusuri lokasi seperti sungai/kolong retensi Taman Mandara, sungai/kolong Air Nangka Kelurahan Keramat serta aliran sungai Kelurahan Kampung Bintang. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat berdampak positif karena memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa bencana itu bisa diminimalisir sekecil mungkin terlebih dapat mengurangi risiko bencana."Dengan bergotong royong membersihkan sungai/kolong secara bersama-sama dapat mencegah terjadinya pendangkalan sungai/kolong yang diakibatkan tumpukan-tumpukan sampah. 

Terkait itu, dirinya menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan serta memelihara sungai dengan baik, sebab jika aliran sungai/kolong bersih maka dengan sedirinya arus air akan mengalir lancar sampai kehilir." Ini bagian kecil usaha kita dalam mengurangi resiko bencana khususnya bencana banjir. Dengan harapan, agar kiranya melalui kecamatan, kelurahan serta Rt dan Rw terlebih masyarakat Pangkalpinang agar tidak membuang sampah sembarangan baik disungai maupun didaratan. Buanglah sampah di tempatnya," tukas Izwarhadi. ( Inc  ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *