Online, Pemasaran UMKM Dorong Tingkatkan Jumlah Konsumen

Detakbabelnews.com, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong  pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk aktif menggunakan teknologi internet sebagai wadah promosi usaha secara online.

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Hasanuddin mengatakan marketing atau pemasaran suatu produk UMKM menjadi suatu tantangan tersendiri dizaman yang serba digital.

" Penggunaan teknologi informasi sebagai sarana promosi baru sangat penting bagi UMKM saat ini," jelasnya

Dikarenakan menurut Hasanuddin saat ini penggunaan teknologi informasi untuk marketing secara online sudah menjadi suatu keharusan bagi pelaku UMKM, Pemprov ingin pelaku UMKM memanfaatkan teknologi informasi untuk melakukan marketing secara online dalam mempromosikan produk-produknya.

Hasanuddin juga mengatakan saat ini UMKM dari berbagai negara sudah lebih masif menggunakan teknologi infomasi sebagai sarana promosi produk. Mengingat itu, pemerintah juga terus menggalakan pelatihan marketing online untuk pelaku UMKM. Dengan demikian, UMKM Babel diharapkan tidak kalah berpromosi secara online guna menjaring konsumen.

"Sudah saatnya UMKM Babel aktif memanfaatkan internet serta menggunakan aplikasi e-commerce untuk mempromosikan produk-produk mereka," jelasnya.

Marketing itu tidak lah mudah. Mengingat perdagangan bebas, maka persaingan yang terjadi untuk merebut pasar juga sangat ketat. Pelaku UMKM tidak boleh hanya mengandalkan toko di ruko saja, namun juga harus mempromosikan produknya melalui toko online.

"Marketing online harus dikuasai oleh pelaku UMKM Babel. Dengan online, pelaku UMKM sudah bisa bersentuhan secara langsung dengan konsumen yang ada didaerah lainnya, " tambahnya. ( 3gnw ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *