226 Orang Sembuh, Angka Covid-19 di Babel Sudah 240 Terkonfirmasi

PANGKALPINANG, Detakbabelnews.com – Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel) kembali melaporkan situasi dan perkembangan penanganan Covid-19 per 3 September 2020, Kamis hari ini.

Disampaikan melalui Juru bicara Kantor Sekretariat Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Andi Budi Prayitno berdasarkan laporan tersebut, ada penambahan kasus konfirmasi dan kesembuhan pasien Covid-19. “Kami sampaikan, dua orang di Kabupaten Belitung telah selesai menjalani isolasi dan dinyatakan bebas dari Covid-19,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dua pasien sembuh ini, kata Andi, berinisial H-H/Pasien 1407, 33 tahun, laki-laki dan P-A-S/Pasien 1406, 24 tahun, laki-laki. Keduanya berdomisili di Tanjung Pandan, Belitung. Berdasarkan riwayat, keduanya terpapar saat melakukan aktivitas kedinasan di pintu kedatangan Bandara HAS Hanandjoedin.

“Diketahui bahwa H-H dan P-A-S adalah petugas AVSEC (Aviation Security) Bandara HAS Hanandjoedin. Dinyatakan sebagai kasus transmisi lokal (local transmission). Dari hasil tes swab PCR pada 22 Agustus 2020, keduanya dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 23 Agustus 2020, diisolasi dan menjalani penanganan di UPT SKB Belitung, sampai dengan dinyatakan bebas dari Covid-19 pada 2 September 2020,” paparnya.

Sementara satu orang di Kabupaten Bangka orang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, yaitu: M-A, 46 tahun, laki-laki, beralamat di Komplek Perumnas Jalan Mentok, Kace Timur, Mendo Barat, Bangka. Berdasarkan riwayat, pada 18 Agustus 2020 yang bersangkutan melakukan tes rapid sebagai persyaratan perjalanan dan diperoleh hasil non-reaktif.

“Kemudian pada 19 Agustus 2020 melakukan perjalanan dinas dari Pangkalpinang ke Jakarta, daerah terjangkit dan episentrum Covid-19. Selanjutnya pada 26 Agustus 2020 dari Jakarta kembali ke Pangkalpinang. Dinyatakan sebagai kasus impor (imported case),” ungkapnya.

M-A memiliki gejala diare, influenza seperti bersin dan batuk, tubuh lemas, dan hilangnya indera penciuman (anosmia). Hal yang sama pernah dialami E-O, orang yang sebelumnya pernah terkonfirmasi Covid-19 dan saat ini sudah bebas dari Covid-19. Diketahui bahwa M-A adalah ASN yakni Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sekaligus Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Dari hasil tes swab PCR pada 2 September 2020, M-A dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Sejak 1 September 2020, diisolasi dan menjalani penanganan di wisma karantina BKPSDMD Babel,” jelasnya.

Dengan adanya penambahan satu orang yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 dan dua orang selesai isolasi dan dinyatakan bebas dari Covid-19, maka update kasus Covid-19 di Babel kumulatif kasus konfirmasi berjumlah 240 orang, dalam isolasi/perawatan 12 orang dan dinyatakan selesai isolasi & sehat/bebas Covid-19 berjumlah 226 orang.

“Detail sebarannya, Pangkalpinang 78 kasus, Bangka 74 kasus (bertambah 1), Bangka Tengah 17 kasus, Bangka Barat 22 kasus, Bangka Selatan 9 kasus, Belitung 28 kasus dan Belitung Timur 12 kasus,” jelasnya.

Dengan demikian, kendati ada penambahan kasus namun persentase tingkat orang yang selesai isolasi dan dinyatakan sehat dari Covid-19 di Babel mengalami peningkatan yakni berada di angka 94,17 persen. Terpaparnya M-A tidak hanya menjadi keprihatinan kita bersama, namun juga menjadi catatan khusus yang kian mengafirmasi bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Dan wabah ini ada di sekitar kita. Karenanya hal tersebut harus menjadi perhatian kita untuk tetap meningkatkan kewaspadaan khususnya terkait beberapa kasus Covid-19 di Babel belakangan yang menunjukkan fakta terpaparnya pelaku perjalanan dari luar terutama dari daerah terjangkit apalagi episentrum Covid-19 (imported case), yang kemudian menularkan virus sehingga terjadi transmisi lokal (local transmission), dan hal ini tak bisa dianggap sebagai persoalan sepele apalagi diremehkan,” tukasnya.

Sumber : Pusdalops Babel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *