Peringatan Sumpah Pemuda Kabupaten Bangka Momentum Pemuda Memajukan Indonesia

Bangka, Detakbabelnews.com — Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke – 91 tahun 2019 di Kabupaten Bangka berlangsung dengan hikmat dan semarak, di Halaman Kantor Bupati Bangka. Momentum Sumpah Pemuda diharap menjadi semangat bagi pemuda untuk memajukan negara Indonesia.

Ditandai pembacaan Sumpah Pemuda dalam iringin pembentangan bendera merah putih. Sumpah Pemuda dihadiri langsung Bupati Bangka selaku pembina upacara dan Ketua DPD KNPI Bangka sebagai pemimpin upacara.

Unsur Forkopimda Kabupaten Bangka antara lain Ketua DPRD Bangka Iskandar Sidi, Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, kepala OPD, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, OKP, Ormas, mahasiswa dan pelajar.

Bupati Bangka, Mulkan, SH MH mengatakan bahwa Sumpah Pemuda ini merupakan momen untuk mengingatkan peran pemuda yang memiliki moral kebangsaan guna mewujudkan kemajuan Indonesia hingga ke dunia internasional.

” Pemuda yang tangguh harus memiliki moral. Pemuda harus memiliki inovasi untuk berperan aktif dalam kanca Internasional,” kata Bupati Bangka.

Menurutnya, kemajuan negeri sangat dipengaruhi sumber daya manusia yang unggul dan salah satunya ditentukan peran pemuda yang memiliki daya saing dan kreatif.

Untuk itu dibutuhkan pemuda yang mandiri, inspiratif, bertahan dan unggul dalam menghadapi kemajuan dunia. “Disinilah diharapkan peran pemuda dapat bersaing pada bentuk apapun dalam hal positif karena merupakan masa depan bangsa dan kemajuan dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka, Syarli Nopriansyah, S.S.T.P, MH menyatakan, Sumpah Pemuda merupakan momentum untuk kembali mengingatkan bahwa negara ini dulu diperjuangkan oleh para pemuda yang bisa bersatu. Hal ini diwujudkan dengan mengenyampingkan segala perbedaan yang ada dan lebih mengedepankan kepentingan bangsa, negara dan bahasa yang satu.

“Para pendahulu kita sangat menyadari dengan bersatu lah kita bisa maju sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini. Pileg, Pilpres telah selesai. Presiden, Wakil Presiden dan kabinetnya telah dilantik, saatnya bersama kita bersatu untuk sama-sama bekerja membangun bangsa ini,” ujar pria yang juga Camat Belinyu ini.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dimeriahkan atraksi senam khas Babel, senam bedincak, pemotongan nasi tumpeng bersama Forkopimda serta ucapan selama kepada pengurus DPD KNPI Bangka. ( adv ) 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *