Punya Alugoro, RI Satu-satunya Pembuat Kapal Selam di ASEAN

Jakarta – PT PAL (Persero) membuat kapal selam, diberi nama KRI Alugoro. Kapal selam ini telah menjalani proses uji coba dan selanjutnya digunakan TNI-Angkatan Laut.

Dikutip dari situs resmi PT PAL, produksi kapal selam ini bukan cuma perdana bagi Indonesia, melainkan juga di ASEAN.

“Keberhasilan pembangunan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. Kapal selam tersebut sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero),” dikutip dari situs resmi PT PAL, Rabu (22/1/2020).

Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter. Alugoro mampu bergerak dengan kecepatan maksimal 21 knot saat menyelam dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot.

Kapal selam ini berjenis Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class) pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi.

Indonesia sendiri memesan tiga kapal selam dari DSME, sebanyak dua unit sudah dibuat di Korea Selatan yaitu KRI Ardadedali 404 dan KRI Nagapasa 403 dan sudah digunakan TNI AL. Sedangkan KRI 405 Alugoro diproduksi di galangan kapal PT PAL di Surabaya, Jawa timur. (mb/detik)

Pos terkait