Dr Safrizal ZA Sambut Baik Keberadaan Ketua Pembina Posyandu Kabupaten dan Kota

PANGKALPINANG – Kehadiran Ketua Pembina Posyandu di kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) disambut baik oleh Penjabat Gubernur Babel, Dr Safrizal ZA. Diyakininya, bahwa kesehatan merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian suatu bangsa.

“Salah satu layanan primer yang memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat tersebut adalah keberadaan posyandu baik di desa maupun di kelurahan,” terang Safrizal.

Pada awalnya posyandu mulai dijalankan oleh TP PKK dan merupakan kerjasama antara petugas kesehatan setempat, ibu-ibu di desa dan masyarakat. Posyandu tersebut fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk imunisasi, penimbangan berat badan balita, pemberian vitamin dan penyuluhan kesehatan.

“Adapun tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup, mengurangi angka kematian ibu dan anak, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan,” jelasnya.

Pelantikan Ketua Pembina Posyandu ini menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan, bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotif preventif tampak mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Safrizal berharap agar ketua posyandu yang dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya dan dapat memberdayakan masyarakat (kader posyandu) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dalam percepat penurunan stunting dan kematian bayi dan ibu melahirkan.

“Mari kita gerakkan masyarakat untuk meningkatkan kunjungan ke posyandu, kita galakkan budaya tersebut agar masyarakat kita semakin sehat cerdas dan berkualitas,” ajaknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *