Rapat Paripurna, Pj Gubernur Sampaikan LKPJ

PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2023 kepada DPRD Babel mengenai jalannya roda pemerintahan yang telah dijalankan selama tahun 2023. Hal itu tertuang pada Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ di Ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Senin (18/3).

Di hadapan para anggota dewan, Pj. Gubernur Safrizal mengungkapkan capaian kinerja makro dari Pemprov. Kep. Babel selama tahun 2023 yang merupakan cerminan keberhasilan dari pembangunan suatu daerah.

“Dimana hal itu meliputi indeks pembangunan manusia, persentase penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka, laju pertumbuhan ekonomi dan indeks gini pada tahun 2023,” ungkapnya.

Dari segi Indeks Pembangunan Manusia mengalami peningkatan mencapai 0,59 poin dengan angka 74,09 jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni 73,50. Sementara persentase penduduk miskin pada Maret 2023 sebesar 4,52%, menurun 0,09% poin dari September 2022.

“Hal itu menjadikan Bangka Belitung sebagai provinsi dengan tingkat kemiskinan terendah ke–4 secara nasional,” ujarnya.

Sama halnya dengan tingkat pengangguran terbuka, yang mengalami penurunan sebesar 0,21 persen poin dibandingkan dengan Agustus 2022. Selain itu, ia juga menuturkan bahwa ekonomi Babel tahun 2023 tumbuh sebesar 4,38 persen.

Hal itu dapat disimpulkan bahwa sebagian besar kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pembangunan di Babel tahun 2023 mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta pengendalian dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan, pada umumnya dinilai berjalan dengan baik dan lancar serta rata-rata berhasil mencapai target.

Namun ia menerangkan bahwa belum seluruh harapan, tuntutan, dan kebutuhan masyarakat dapat diwujudkan secara optimal. Sehingga dirinya berharap pihaknya untuk senantiasa bersama-sama dengan segenap komponen untuk terus bekerja sama dan bekerja dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Babel lebih baik di masa yang akan datang.

“Untuk itu, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, jajaran forkopimda, serta seluruh pemangku kepentingan serta segenap masyarakat Babel atas dukungan dan kerja sama yang baik dalam proses penyelenggaraan pemerintahan selama ini,” tutupnya.

Selain Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ, DPRD Babel juga dalam kesempatan itu menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) serta Rapat Paripurna Penyampaian Nama-nama Anggota Panitia Khusus Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *