Kejaksaan Negeri Bangka Musnahkan Barang Bukti Tipidum Yang Berkekuatan Hukum Tetap

Kejaksaan Negeri Bangka Musnahkan Barang Bukti Tipidum Yang Berkekuatan Hukum Tetap

Sungailiat, DetakBabel.com –
Bertempat dihalaman kejaksaan negeri Bangka,kejaksaan negeri Bangka melakukan kemusnahan Barang Bukti yang telah berkekuatan hukum tetap Selasa(5/3/24)

kepala Kejaksaan Negeri Bangka Futin Helena Laoli mengatakan,kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kejaksaan dalam pelaksanaannya sebagai eksekutor yakni tidak hanya melaksanakan tugas sebagai pelaksanaan eksekusi pidana badan akan tetapi juga terhadap barang bukti juga.

“Barang bukti yang kita musnahkan ini telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrach),ini merupakan kegiatan rutin dari Kejaksaan Negeri Bangka yang merupakan tindak lanjut dari tugas jaksa untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkaranya yang telah berkekuatan hukum tetap,”Tetang Futin.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka juga menjelaskan bahwa barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 58 perkara tindak pidana umum,dengan rincian ; Shabu seberat 271,09950 gram,Ganja seberat 118,8 gram,Uang Palsu sebanyak Rp 6.600.000,-,Senjata tajam sebanyak 6 buah,Ekstasi 15 butir,Amunisi 6 buah,dan lain lain sebanyak 153 buah.

“Semua barang bukti itu kita musnahkan dengan cara diblender,dibakar dan dilarutkan lalu kita buang ke toilet.Pemusnahan ini untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan atau hilangnya barang bukti akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab,dan juga kegiatan ini kita gelar terbuka untuk umum agar tidak menjadi tanda tanya di masyarakat,”jelas Futin.

Sementara itu PJ Bupati Bangka M.Haris mengatakan bahwa kegiatan pemusnahan barang bukti ini merupakan komitmen dari Kejaksaan Negeri Bangka sebagai aparat penegak hukum dan memastikan bahwa barang bukti ini tidak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Dengan kegiatan ini kita berharap akan memberikan efek jera bagi pelaku kejahatan dan mengedukasi masyarakat agar menjauhi narkoba,karena narkoba ini dapat merusak generasi sekarang dan yang akan datang,”ucap Haris.

hadir dalam kegiatan tersebut Pj.Bupati Bangka,Kapolres Bangka,kepala dinas kesehatan kabupaten Bangka,kepala BNK kabupaten Bangka.para kasi dan staf dikejaksaan negeri Bangka dan undangan lainnya.(Hry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *