MTQH XI Tingkat Provinsi Kep. Babel Resmi Digelar

MTQH XI Tingkat Provinsi Kep. Babel Resmi Digelar

TOBOALI,DETAKBABEL.COM – Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel) tahun 2022 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) resmi digelar.

Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin, bersama Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan, Bupati Bangka Tengah, forkopimda, perwakilan bupati/wali kota se-Prov. Kep. Babel, perwakilan instansi vertikal, serta perangkat daerah (PD) terkait, memukul bedug menandakan telah resminya pembukaan MTQH XI.

Kedatangan Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin bersama rombongan di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, Toboali, Bangka Selatan, Senin (3/10/22) ini, disambut hangat dengan tarian Sekanci Pinang dari Sanggar Tiara Selatan.

Dalam sambutan, Pj Gubernur Kep. Babel mengatakan bahwa, MTQH selain sebagai media dakwah, mampu memberikan dorongan terhadap pembangunan Kabupaten Bangka Selatan, utamanya di bidang keagamaan.

MTQH yang penyelenggaraannya akan dilaksanakan pada tanggal 15-19 November 2022, dimaksudkan juga sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di bidang seni baca Al Quran dan pemahaman tentang isi Al Quran.

“Minimal ada tiga manfaat yang dapat diambil dari penyelenggaran MTQH nantinya. Yang pertama, manfaat spiritual, yakni sebagai syiar agama dan menumbuhkan cinta kepada Al Quran dan hadis nabi. Kedua, manfaat sosial, meningkatkan silaturahmi ukhuwah Islamiyah, Basyariyah dan Wathoniyah. Ketiga, manfaat kultural, yakni MTQH digadang-gadang mampu melestarikan budaya baca Al Quran dan hadis nabi sebagai amalan keseharian, memahami maknanya serta mengamalkannya,” jelas Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin.

Mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel, dirinya berharap kepada semua pihak, baik pemerintah kabupaten/kota, TNI/Polri, serta kepanitiaan, agar MTQH tingkat provinsi ini dapat saling bahu-membahu, berkolaborasi demi terlaksana dan suksesnya acara sesuai yang diharapkan.

“Kita berharap, semoga  launching hari ini menjadi motivasi dan semangat bagi kita semua untuk terus bekerja mempersiapkan sebaik-baiknya penyelenggaran MTQH tingkat provinsi yang akan kita laksanakan,” tambahnya.

Sementara Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan, dipercayanya Bangka Selatan sebagai tuan rumah merupakan sebuah amanah dan kebanggaan yang luar biasa.

“Hal ini merupakan sejarah bagi Bangka Selatan setelah lebih dari 14 tahun lamanya sejak pertama kali menjadi tuan rumah MTQ pada tahun 2008 silam,” ujarnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan MTQH Tingkat Provinsi di Kabupaten Bangka Selatan.

“Kami berharap, pelaksanaan MTQH nanti dapat terlaksana dengan lancar, dan sebagai tuan rumah dapat meraih prestasi terbaiknya. Sukses dalam penyelenggaraan, sukses dalam raihan prestasi,” pungkasnya.

Pelaksanaan MTQH-XI 15-19 November 2022

Pelaksanaan MTQH-IX akan dipusatkan di Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, dengan cabang lomba di antaranya:
1. Lomba cabang Tilawah Alquran di Arena Utama Stadion Junjung Besaoh;
2. Lomba cabang Hifzhil Quran di Aula BKPSDMD;
4. Lomba Fahmil dan Syarhil Quran di Gedung Serba Guna;
5. Lomba Khatil Qur’an di GOR Kabupaten Bangka Selatan;
6. Lomba Hadits dan Tafsir Quran di Gedung PLHUT;
7. Lomba Qiraat Alquran di Balai Daerah;
8. Lomba KTIQ di Gedung CAT BKPSDMD/SMAN 1

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.