Dinas Pangan Resmi Launching Pasar Mitra Tani dan Bazar Pangan Murah

Pangkalpinang, Detakbabelnews.com  – Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara resmi melaunching Pasar Mitra Tani, Rabu (25/11/2020), Bertempat di Jalan Pulau Bangka Kelurahan Bukit Intan Pangkalpinang Kegiatan dilaksanakan bersamaan dengan Bazar Pangan Murah yang digelar pada Rabu – Jumat tanggal 25 – 27 Novermber 2020 di tempat yang sama.

“Pemerintah membentuk Pasar Mitra Tani ini dalam rangka membantu masyarakat sebagai konsumen untuk membeli komoditas pangan langsung dari Gapoktan/Suplier. Selain itu, pemerintah juga ingin memberikan kesempatan pada Gapoktan/Suplier dalam memasarkan langsung produknya. Dan yang terakhir, sebagai upaya pemerintah atas pengendalian harga pasar,” jelas Toni Batubara, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, mewakili Gubernur Babel.

Kesempatan sama, Kepala Dinas Pangan, Syaifuddin menjelaskan tujuan dilaksanakannya launching Pasar Mitra Tani adalah untuk memfasilitasi penyediaan penyaluran komoditas pangan dari Gapoktan, sehingga dapat memberikan kemudahan akses konsumen terhadap bahan pangan pokok dengan harga terjangkau.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar belanja di Pasar Mitra Tani. Karena, selain harganya lebih murah, pasar tani juga menyediakan komoditas pangan segar langsung dari distributor,” jelasnya. “Misalnya, daging ayam segar, perkilo utuh dijual hanya Rp 28.000,-. Daging sapi beku dari Bulog dijual perkilo seharga Rp 95.000,-. Harga ini lebih murah dibandingkan harga pasar,” lanjutnya.

Selain itu, Pasar Mitra Tani juga menyediakan aneka pangan olahan kreasi ibu-ibu KWT seperti sirup jeruk kunci, aneka keripik sehat, dan lainnya,” tutur Syaifuddin. Tak lupa Syaifuddin mengingatkan masyarakat bahwa Bazar Pangan Murah masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Dalam kesempatan ini, Dinas Pangan menggandeng 9 distributor pangan strategis untuk bergabung dan bekerjasama dengan Pasar Mitra Tani, yang dituangkan dalam perjanjian kerjasama. ( Red ).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *