Mudah, Bupati Bangka Himbau Lapor SPT dengan e-Filing

Pergi ke pasar beli daging,_
daging dimasak sangat pedas_
Lapor SPT pakai e-filing,_
masyarakat Sungailiat taat pajak dan cerdas.

DETAKBABELNEWS, BANGKA  – Seuntai pantun dari Bupati Bangka Mulkan tersebut disambut meriah hadirin. Pantun tersebut membuka pekan panutan pelaporan SPT Tahunan Kabupaten Bangka (Kamis,13/02).

Mulkan menegaskan pantun adalah tradisi budaya yang harus dijaga, dikembangkan, dan dilestarikan. Pantun memberikan ciri khas masyarakat Melayu dan alat perekat berbagai suku di Indonesia, serta taat pada aturan. Taat aturan tersebut sejalan juga dengan taat melaporkan pajak, tambahnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini acara pekan panutan pelaporan SPT dilaksanakan di Taman Hutan Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka. Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel Imam Arifin mengatakan bahwa keindahan taman berpadu dengan kesegaran udara dan suasana santai di taman tersebut sejalan dengan kemudahan pelaporan SPT dengan e-filing, yaitu bisa dilakukan kapan pun, baik santai atau sambil berolah raga, di mana pun, tanpa harus meluangkan waktu datang ke kantor pajak dan antri untuk melaporkannya.

Dengan kemudahan pelaporan tersebut, Imam berharap kepatuhan masyarakat untuk melaporkan pajaknya bisa meningkat. Peningkatan kepatuhan tersebut juga didukung oleh kerjasama dan kordinasi yang telah terjalin dengan baik antara Ditjen Pajak dan Pemerintah Kabupaten Bangka, lanjut Imam.

Imam menambahkan bahwa pajak mempunyai arti sangat penting bagi pembangunan negara, termasuk di Sungailiat, baik pembangunan infrastrukturnya maupun peningkatan kualitas SDMnya. Hal tersebut diakui oleh Bupati Bangka Mulkan. Untuk itulah Mulkan hadir pagi itu beserta dengan segenap pimpinan daerah, antara lain: Forkopimda, pimpinan OPD, pimpinan unit instansi vertikal, dan pimpinan perbankan di Kabupaten Bangka, untuk memberikan contoh kepada masyarakat sekaligus himbauan untuk segera melaporkan SPT-nya.
Secara khusus, Mulkan menghimbau masyarakat untuk melaporkan SPTnya dengan e-filing. Sebagai panutan, seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten  diwajibkan untuk melaporkan SPTnya lewat e-filing. Hal tersebut juga sejalan dengan digitalisasi administrasi pemerintah Kabupaten Bangka, seperti: aplikasi kependudukan, laporan masyarakat, dan lain sebagainya. Mulkan ingin dengan upaya digitalisasi tersebut, masyarakat dapat merasakan kemudahan pelayanan dan mendapatkan pelayanan prima.

Selain peningkatan pelayanan, Mulkan juga tak lupa memberikan penghargaan bagi masyarakat yang telah melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara, termasuk membayar dan melaporkan pajaknya tepat waktu. Di acara pekan panutan tersebut, enam orang warga Sungailiat diundang untuk menerima penghargaan tersebut langsung dari Bupati Bangka Mulkan dan Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel Imam Arifin.

Mulkan menutup acara tersebut dengan sebuah pantun juga.

Petani membajak sawah
membajak sawah ke arah tenggara
Membayar pajak dengan benar dan mudah
untuk modal bangun negara.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *