Peringati Hari Jadi Ke-264, Molen Ungkap Kedudukan Kota Pangkalpinang Dari Zaman Hindia Belanda

Pangkalpinang, Upacara peringatan hari jadi ke 264 Kota Pangkalpinang, pada tanggal 17 september 1757 masehi atau bertepatan dengan tanggal 3 Muharram 11 7 1 Hijriyah, berlangsung di depan Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Jumat,(17/9)

Dalam sambutannya Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil menyebut kota Pangkalpinang dengan nama generik Pangkalpinang secara historis dan filosofis didirikan dengan cita-cita atau fisik sebagai pusat segala aktivitas kegiatan dimulai pelabuhan dan pusat pasar atau perniagaan serta sebagai pusat distrik atau pusat pemerintahan sampai tahun 1816.

“Selanjutnya ditetapkan menjadi satu distrik di divisi Tenggara serta pada masa awal kekuasaan Hindia Belanda sejak tahun 1870 masehi di Pangkalpinang berkembang menjadi pusat perdagangan yang ramai dan telah memiliki pelabuhan laut serta kantor ane pada tanggal 3 September 1913,” ungkap Molen sapaan Wali Kota Pangkalpinang.

Lebih lanjut disampaikan Molen, Pangkalpinang ditetapkan sebagai Ibukota Keresidenan Bangka dan menjadi pusat pemerintahan Negeri menggantikan kota Mentok. Pangkalpinang ditetapkan menjadi Ibukota keresidenan Bangka Belitung atas dasar ordonansi tanggal 2 Desember 1933

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *