Bersama LAM, Tim Pansus Ranperda Gelar Rakor

Pangkalpinang,DETAKBABEL.COM – Tim Pansus Ranperda Arsitektur Bangunan Berciri Khas Serumpun Sebalai kembali melakukan rapat koordinasi bersama Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi dan Pangkalpinang, (06/09/2021) guna mendapatkan lebih banyak informasi dan masukan sebelum ranperda ini mencapai tahapan final pada akhir september mendatang. Bertempat di Ruang Rapat Pansus DPRD.
Mansah, S.Th.I., Ketua Tim Pansus Ranperda Arsitektur, dalam prolog nya ketika membuka pertemuan memaparkan bahwa beragam bentuk diskusi dengan sejumlah lembaga seperti LAM, tokoh masyarakat, peneliti, sejarawan maupun pemerhati adat istiadat dan budaya hingga peninjauan lapangan telah di tempuh oleh tim nya agar mendapatkan data-data yang diperlukan guna di akomodir ke dalam ranperda.
Oleh sebabnya, kata Mansah, diharapkan Perda ini nantinya tidak hanya akan memunculkan budaya melayu semata, melainkan juga diubah menjadi berciri khas Serumpun Sebalai.
“Karena serumpun sebalai adalah rumah buat budaya di Babel. Jadi akan kita akamodir semuanya, baik melayunya, cinanya dan peninggalan eropanya serta penggabungan dari ketiganya,” kata Mansah.
Lebih lanjut politisi asal partai Nasdem ini menjelaskan tentang ciri arsitektur di Babel yang sangat menarik dan akulturatif.
Menurut ia dan tim nya, Babel kaya akan nuansa budaya. Memiliki empat perpaduan alkuturasi budaya meliputi Melayu, Eropa, China dan Indies atau penggabungan dari tiga akilturasi tersebut.
“Memang sebagian besar melayu, tapi mempengaruhi arsitektur ini tidak hanya melayu saja. Ini ada di naskah akedemik,” Jelas nya.
Sumber : Sekawan DPRD Babel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *