KABUPATEN BANGKA RAIH PENGHARGAAN SWASTISABA WISTARA SEBAGAI KABUPATEN TERSEHAT DI INDONESIA 2019

Jakarta, Detakbabelnews.com — “November Rain” begitulah istilahnya. Bulan November benar-benar menjadi bulan  hujan prestasi bagi Pemkab Bangka. Setelah menerima penghargaan  dari MENPAN-RB sebagai Pemda dengan penyelenggaraan pelayanan publik terbaik di Indonesia, dilanjutkan dengan penerimaan penghragaan dari Mentri Kesehatan sebagai Pemda dengan pengelolaan kegawatdaruratan (PSC 119) terbaik di Indonesia, kali ini Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama Mentri Kesehatan Dr. Terawan, kembali memberikan penghargaan tertinggi bidang kesehatan  “Swastisaba Wistara’ kepada Pemkab Bangka sebagai Kabupaten Sehat terbaik di Indonesia. Penghargaan Swastisaba Wistara yang kedua kalinya ini diterima langusng oleh Bupati Vangka pada  Hari Selasa, 19 November 2019 di Ruang Sasana Bhaktipraja Kementrian Dalam Negeri, Jakarta.  Bupati Bangka didampingi Kepala Bappeda sebagai Ketua Pembina Forum Bangka Sehat, Sofyandi , sebagai Ketua Forum Bangka Sehat dan Kepala Dinas Kesehatan

Bupati Bangka, Mulkan menyatakan bahwa:
Keberhasilan ini  menunjukkan  bahwa Pemkab Bangka  sudah mencapai tingkat kesehatan tertingggi di Indonesia yang ditandai dengan penduduknya hidup dalam lingkungan sehat, mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat  dan mampu menyediakan dan memanfaatkan pelayanan kesehatan yang bermutu sehingga memiliki derajat  dan indeks  pembangunan kesehatan yang tinggi.

Kami mengucapkan penghargaan dan rasa terimakasih kepada seluruh stakeholder atas pencapaian ini. Kedepan kami terus bertekad untuk menjadikan Kabupaten Bangka menjadi lebih baik. Kami juga memberikan apresiasi kepada Ketua Forum Bangka Sehat, Kadin Kesehatan, Kadin PUPR, Kadin Parpora, Kadin Perindagnaker,  Kadin Pendidikan, Kadin Pertanian, Kadin Pangan, Kadin  LH, Kadin Sospemdes serta seluruh OPD yang terkait langsung dalam  seluruh tatanan penilaian kabupaten sehat. Apresiasi yang sangat tinggi juga kami sampaikan kepada Kepala Bappeda sebagai Ketua Tim Pembina Bangka Sehat yang telah bekerja keras dan cerdas dalam mengkordinir, mempercepat dan memfasilitasi terwujudnya Kabupaten Bangka yang lebih sehat. Penghargaan  Swastisaba Wistara kami persembahkan untuk masyarakat Kabupaten Bangka   sebagai sumbangsih kami untuk  Bangka Belitung dan Indonesia yang lebih Sehat.                           

Selanjutnya Bupati Bangka menyatakan :
Pemkab Bangka  menjadikan kesehatan  sebagai  faktor  penting dalam pembangunan  di kabupaten bangka.  SDM  yang berkualitas merupakan SDM  yang memiliki tingkat kesehatan yang baik. Oleh karena itu, sektor kesehatan dipastikan menjadi faktor penentu bagi perkembangan  pembangunan Kabupaten Bangka.  Peranannya dalam mempengaruhi tingkat, struktur, dan karakter pertumbuhan ekonomi  tidak terbantahkan.  Bahkan dalam aspek yang lebih luas, tingkat kesehatan bersama tingkat pendidikan dan perekonomian dijadikan indikator utama dalam penentuan Indeks Pembangunan Manusia yang merupakan ukuran tunggal dari kinerja pembangunan dunia.  Oleh karena itu pembangunan kesehatan menjadi prioritas utama dalam  periode RPJMD BANGKA SETARA , bahkan  menjadi salah satu misi pembangunan.

Kepala Bappeda Pan Budi Marwoto, sebagai Ketua Pembina Forum Bangka Sehat  menyatakan bahwa;
Pendekatan pembangunan  kesehatan di Kabupaten Bangka tidak hanya pada  pendekatan percepatan dan  kualitas pelayanan kesehatan  tetapi  juga   menggunakan pendekatan kesehatan  yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah dengan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
Karena masalah kesehatan penyebabnya sangat multikompleks dan harus diselesaikan secara terpadu antara pemerintah , masyarakat, akademisi,  pelaku usaha dan media massa, maka   kita mengedepankan konsep  Pentahelix  dalam pembangunan kesehatan.   Karenanya kita bentuk sebuah forum kesehatan untuk menuju Kabupaten  Bangka  yang lebih sehat, lebih produktif dan lebih baik. Forum ini di sebut forum Bangka Sehat yang independen, dengan Kepala Bappeda sebagai Pembina Forum
Kinerja  Forum Bangka Sehat dalam  beberapa tahun terakhir  sangat luar biasa bahkan  memberikan  kontribusi  besar  terhadap pembangunan  Bangka, Babel Dan Indonesia Sehat.  Fokus dan konsentrasi  kerja diarahkan pada perbaikan kualitas kesehatan di seluruh tatanan kesehatan yaitu pemukiman dan sarana prasarana umum ,  tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi,  hutan sehat, industri dan perkantoran sehat, pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi,  kehidupam masyarakat yang sehat dan  kehidupan sosial yang sehat
Ketua Forum Bangka Sehat, Sofyandi menyatakan bahwa;
Forum Bangka Sehat  bersama Pemkab Bangka  yang dikordinasikan oleh Bappeda beserta  seluruh komponen pentahelix  terus mendorong dan mewujudkan  kesehatan masyarakat Bangka. Berbagai upaya kami lakukan, terutama focus pada perbaikan 7 tatanan kesehatan yang menjadi ukuran keberhasilan. Pada tahun2019 ini, upaya keras  ini mendapat apresiasi luar biasa dari Menteri Kesehatan Dan Mendagri.  Pemkab Bangka mendapatkan Anugrah Penghargaan Swastisaba Wistara, sebagai kabupaten  sehat terbaik di Indonesia.  Swastisaba Wistara  merupakan puncak  penghargaan kesehatan Indonesia yang hanya mampu diraih oleh segelintir  sangat kecil kabupaten dan kota Indonesia.   Pada tahun –tahun sebelumnya, Pemkab Bangka juga sudah mendapatkan Penghargaan  Swastisaba Padapa  dan Swastisaba Wiwerda.( Red / adv).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *