Anggota DPRD Babel Yus Derahman Minta BPJS Hapus Sistem Zonasi Rujukan Rumah Sakit

PANGKALPINANG, DETAKBABELNEWS.COM – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Daerah Pemilihan (Dapil) Bangka Barat, Yus Derahman meminta BPJS menghapus Sistem Zonasi rujukan rumah sakit,Hal ini dikatakannya setelah menerima keluhan dari beberapa masyarakat di Kecamatan Tempilang terkait kenaikan iuran dan sistem zonasi yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan.

“Di Kecamatan Tempilang masyarakat sudah susah, bayar iuran Bpjs perbulan, masyarakat yang sakit disuruh, dirujuk ke Muntok,jaraknya lumayan jauh 100 km lebih,” katanya, di Gedung DPRD Babel, Jumat (31/1).

Politikus Partai Gerindra ini mengungkapkan,Seharusnya para pasien tersebut dirujuk ke rumah sakit terdekat agar cepat mendapatkan perawatan medis terutama bagi pasien yang menderita sakit kronis.

“Kalau ke Pangkalpinang paling-paling jaraknya 70 km, artinya pasiennya yang kritis itu nanti bisa-bisa mati dijalan kalau harus menempuh jarak ke Muntok,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia berharap, BPJS Kesehatan dapat menghapus sistem zonasi yang dinilai dapat menghambat penanganan medis bagi para pasien yang tempat tinggalnya jauh dari rumah sakit yang dirujuk.

“BPJS Kesehatan itu jangan pakai zonasi, misalnya, rujuklah ke Pangkalpinang atau ke Sungailiat, kan baiknya seperti itu, itupun terkadang Rumah Sakit di Muntok belum siap dengan penyakit yang diderita pasien, mesti dibawa ke Pangkalpinang lagi,” ujarnya. ( Red ).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *