Pesawat Ukraina Jatuh di Iran, Seluruh Penumpang Diduga Tewas

Teheran – Pesawat maskapai Ukraina jatuh di Iran tak lama setelah lepas landas. Seluruh penumpang tewas.

“Jelas tidak mungkin bahwa penumpang penerbangan PS-752 masih hidup,” kata kepala palang merah Iran seperti dikutip AFP dari kantor berita Iran, ISNA, Rabu (8/1/2020).

Palang merah Iran menyebut ada 170 penumpang dan awak kabin di pesawat tersebut. Sebelumnya, pesawat itu sempat disebut membawa 180 orang.

Pesawat maskapai Ukraine International Airlines itu jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Imam Khomeini di Teheran untuk menuju Kiev, Ukraina. Belum ada keterangan dari maskapai terkait insiden ini. Televisi nasional Iran menyatakan bahwa kecelakaan itu akibat masalah teknis.

Pesawat yang jatuh ini merupakan jenis Boeing 737. Juru bicara Boeing menyatakan bahwa mereka telah mengetahui laporan media terkait peristiwa di Iran dan masih mengumpulkan informasi lebih lanjut.

Kecelakaan pesawat ini terjadi hannya beberapa jam setelah Iran meluncurkan serangan rudal yang menargetkan dua markas tentara AS di Irak. Iran dalam pernyataannya menegaskan bahwa ‘puluhan rudal’ diluncurkan terhadap target pangkalan udara Ain al-Asad di Irak, yang menjadi markas tentara AS sebagai balasan atas serangan drone AS yang menewaskan Mayor Jenderal Qasem Soleimani. (mb/detik)

Pos terkait