5 Kali Raih WTP, Pemkot Pangkalpinang Diganjar Penghargaan dari Menkeu

5 Kali Raih WTP, Pemkot Pangkalpinang Diganjar Penghargaan dari Menkeu

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Pemerintah Kota Pangkalpinang kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai salah satu daerah yang meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan. WTP ini diraih lima kali berturut-turut.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022. Rakornas tersebut juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam secara virtual di Smart Room Center Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (22/9/2022).

Radmida Dawam mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian pemerintah kota yang menjadi salah satu pemerintah daerah peraih WTP lima kali berturut-turut.

Menurutnya, ini adalah wujud komitmen kerja keras seluruh pihak yang telah berupaya dan bekerja keras mewujudkan akuntabilitas penyelenggaraan keuangan pemerintah daerah yang baik dan sesuai aturan.

“Saya merasakan pertama kali mendapatkan WTP dulu , waktu itu jadi Sekretaris Daerah tahun 2016 tapi 2017 kita sudah mendapatkan WTP. Kebetulan juga Wali Kota memberikan perhatian khusus untuk ini. Ini adalah kerja bersama, kemanangan bersama dan penghargaan bersama,” ungkap Radmida.

Pemerintah Kota Pangkalpinang telah meraih WTP sejak 2017 dan terus berlanjut hingga saat ini. Untuk itu, Radmida meminta agar seluruh pihak terus memberikan perhatian dan mengikuti seluruh aturan dalam pelaksanaan akuntansi dan penggaran keuangan.

“Sejak 2015 kita sudah mulai mempersiapkan penataan laporan, aset, dan akuntansi untuk meraih WTP. 2016 sabenarnya sudah dapat, tapi kita penataan asetnya yang kurang bagus. Tapi dengan kerja keras aset sudah tertata dengan baik,” jelasnya.

Radmida berharap, ke depan selain meraih opini WTP, akuntabilitas penyelenggaraan keuangan pemerintah daerah yang baik juga dapat terwujud.

Selain itu, Radmida juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh stakeholder yang telah mendukung tercapainya WTP. Selain Kota Pangkalpinang, 500 pemerintah daerah dan 83 Kementerian/Lembaga lainnya juga menerima WTP dari Menkeu di tahun 2022. (eka)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *